10 Desa Ditetapkan Jadi Kampung KB

ditulis pada 16 Mei 2017
ARAHAN – Diberikan Ketua TP PKK HSU pada sejumlah kader bina keluarga balita. (Net)

ARAHAN – Diberikan Ketua TP PKK HSU pada sejumlah kader bina keluarga balita. (Net)

Amuntai, KP – Sebagai bentuk keseriusan untuk mensukseskan program Keluarga Berencana (KB), kembali sejumlah desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ditetapkan menjadi kampung KB.

Sebagaimana diketahui belum lama tadi digelar Forum Kemitraan sekaligus jadi ajang rapat koordinasi bagi Pengelola Kampung KB di HSU tahun 2017.

Acara yang bertempat di Gedung Agung dipandu Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) drh. H. Suyadi dan dihadiri sejumlah SOPD terkait hingga 10 camat dan 10 desa yang dijadikan kampung KB.

“Kita menetapkan Desa Karias Dalam Kecamatan Banjang sebagai Kampung KB Kabupaten,” ungkapnya.

Penetapan tersebut merupakan perwujudan keseriusan UPT KB dan penyuluh KB serta komitmen warga desa dan kecamatan setempat dalam melaksanakan program yang menekankan kesejahteraan warganya.

Adapun diantara desa-desa yang menjadi kampung KB lainnya, seperti desa Tuhuran Kecamatan Haurgading, desa Hambuku Hulu Kecamatan Sungai Pandan, desa Paminggir Seberang Kecamatan Paminggir.

“Berbagai masukan, koreksi dan evaluasi diharapkan dapat meningkatkan peran kita semua dalam pengelolaan kampung KB di daerah ini,” ajaknya.

Senada, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, MAP menjelaskan program ini erat kaitannya dengan pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Untuk menentukan desa-desa sebagai kampung KB bukan terjadi begitu saja. Melainkan dilihat dari masyarakatnya yang miskin, lingkungan kumuh, keikutsertaan KB rendah, BKB-BKR-BKL belum ada.

“Desa-desa ini akan dijadikan percontohan di kecamatan masing-masing. Makanya setiap kecamatan ada satu desa,” katanya.

Annisah mengajak SOPD untuk menggelontorkan programmnya demi tercapainya tujuan yang dikehendaki dalam terbentuknya kampung KB, yakni mensejahterakan masyarakat.

Kampung KB memiliki sasaran, yakni remaja, lansia, pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia serta sasaran sektor sesuai dengan bidang tugas masing-masing. (nov/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.