14 Desa Dilima Kecamatan Gelar Pilkades Serentak

ditulis pada 6 Oktober 2017

Nampak aparat keamanan dari Polres Barsel dan Polda Kalteng bersiaga saat pelaksanaan Pilkades serentak di Barito Selatan, Selasa (3/10) lalu.

KASONGAN, KP – 14 Desa di lima kecamatan akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada bulan Oktober 2017 ini.

Hal demikian dikatakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-Pemdes) Kabupaten Katingan, Drs Kabul Mustiman kepada wartawan, Kamis (5/10) di ruang kerjanya.

“Bulan oktober ini kita akan melaksanakan pilkades serentak di lima kecamatan,’’ kata Kabul.

Dijelaskannya, lima kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak yakni, di Kecamatan Kamipang ada 3 Desa, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing ada 1 Desa, Kecamatan Pulau Malan ada 4 Desa, Kecamatan Katingan Tengah ada 5 Desa dan di Kecamatan Marikit ada 1 Desa.

“Pada Bulan Desember kita akan lakukan pelantikan Kades terpilih hasil pilkades serentak,’’ ucap Kabul.

Diungkapkannya, saat ini persiapan pelaksaan pilkades sudah berjalan, diantaranya, penyiapan logistik, pencetakan kertas suara hingga tanggal 15 Oktober.

“Pada tanggal 22 Oktober akan dilakukan pencoblosan, dimana pada tanggal 16 -18 penyampaian Visi dan misi calon, tanggal 19-21 masa tenang,’’ ungkapnya.

Menurut Kabul, hingga saar ini pihaknya belum mendapat laporan dari pihak desa maupun Kecamatan, terkait kendala persiapan penyelenggaraan Pilkades serentak ini.

“Yang jelas kita tunggu saja tahapan berikutnya,’’ timpalnya.

Sementara panitia pemilihan dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing masing, sedangkan calon kades yang maju dalam pilkades maksimal 5 orang dan minimal 2 orang, kalau toh ada calon yang lebih dari 5 orang maka akan diseleksi oleh pihak Kecamatan.

“Seperti halnya di Katingan Tengah lebih dari 5 orang calonnya,’’ ujar Kabul.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat Katingan, Agar menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkades, kemudian masyarakat diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya, kemudian Ia berharap agar para calon kades yang kalah dalam pilkades dapat menerima dengan lapang dada, kepada masyarakat berbeda pilihan kiranya dapat mendukung kades terpilih nantinya.

“Karena itu merupakan hasil demokrasi dan pilihan masyarakat,’’ tukasnya.

Terpilih

Sementara itu, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  tahun 2017 di kabupaten Barito Selatan yang dilaksanakan Selasa (3/10) telah usai.

Sebanyak delapan Kepala Desa terpilih dari 8 desa yang menggelar Pilkades serentak di kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

H Sunarto terpilih sebagai Kepala Desa Babai, Septha (Taliu), Deny Saputra (Teluk Sampudau) ketiganya berasal dari kecamatan Karau Kuala.

Selanjutnya Rendi terpilih sebagai Kepala Desa Muara Singan kecamatan Gunung Bintang Awai. Wunto (Pamangka) kecamatan  Dusun Selatan.

Sedangkan Said Abdul Hadi terpilih sebagai Kepala Desa Lehai diikuti Habsir (Mahajandau) di kecamatan Dusun Hilir dan Muslim (Rantau Bahuang) di kecamatan Jenamas.

Menurut  Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Selatan Supriadi AS didampingi Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan, Bambang Purwadi kepada KP, Kamis (5/10) mengatakan, ke delapan nama Kepala Desa terpilih tersebut berdasarkan rekapan yang masuk ke pihaknya.

“Setelah 7 hari pelaksanaan Pilkades tidak ada gugatan, maka kami  akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk kemudian menyusun jadwal pelantikan,’’ jelasnya.

Dikatakan, untuk seremoni pelantikan tergantung Bupati Barito Selatan, apakah nantinya dilantik secara serentak di Buntok, atau dilantik dimasing-masing desa. (isn/adi/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.