• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

153.180 Telur Bodong Dimusnahkan

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Achmad Gozali saat memimpin pemusnahan telur, Selasa (12/9).

Banjarmasin, KP – Kali pertama Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Selasa (12/9) siang, melakukan pemusnahan ratusan ribu butir telur ayam dan itik tanpa dokumen.

Kegiatan pemusnahan telur yang dibakar dan disaksikan semua undangan, setelah dinyatakan bodong dan ini diketahui saat aparat Kepolisian KPL melakukan rutinitas patroli. Kemudian melihat satu unit truk jenis Fuso yang mencurigakan, Sabtu (8/9) lalu.

Jadi saat dilakukan pemeriksaan dan ditanya mengenai surat menyuratnya, yang bersangkutan tidak bisa menunjukan dokumen pengiriman.

Karena itu, Fuso yang membawa ratus ribuan telur terpaksa ditahan dan kemudian baru kemarin diputuskan untuk dimusnahkan.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Achmad Gozali menjelaskan, telur-telur tersebut didapati akan masuk ke Kalsel tanpa dilengkapi dokumen karantina.

Rinciannya, ada 153.180 telur yang diamankan. Modusnya, telur yang berasal dari Surabaya itu, dimasukkan ke dalam truk fuso.

“Jadi saat petugas patroli Polsek KPL memeriksa truk tersebut, ternyata ada ribuan telur di dalamnya. Setelah dicek, dokumen karantinanya tidak ada. Telur-telur tersebut merupakan telur-telur konsumsi,’’ katanya.

Selain telur-telur tadi, dari truk tersebut juga diamankan 6 sak pakan konsentrat itik petelur.

“Jadi bisa dibilang ini modus baru pengiriman tanpa dokumen. Dengan memanfaatkan truk-truk baru. Ini jadi perhatian kami semua dan terimakasih kepada pihak kepolisian yang berkoordinasi dengan kami sehingga bisa terungkap,’’ katanya. (vin/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua