Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Gelar Pahlawan untuk Bapak Bangsa asal Kalsel PM Noor

×

Gelar Pahlawan untuk Bapak Bangsa asal Kalsel PM Noor

Sebarkan artikel ini

 

 

Android

 

JAKARTA, KP– Gelar pahlawan nasional untuk Bapak Bangsa asal Kalimantan Selatan (Kalsel), Ir Pangeran H Muhammad Noor (PM Noor).

Dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengucapkan syukur dan terima kasih atas keputusan pemerintah menetapkan almarhum Ir Pangeran H Muhammad Noor sebagai pahlawan nasional.

Semua atas perjuangan panjang masyarakat dan para Veteran di Kalsel, dan akhirnya gelar kehormatan sebagai pahlawan nasional terwujud.

Ini setelah Presiden RI Joko Widodo menyerahkan Piagam Gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh, salah satu di antaranya kepada ahli waris Almarhum  PM Noor tokoh dari Provinsi Kalsel di Kompleks Istana Negara, Kamis (8/11).

Keputusan penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Almarhum H Muhmmad Noor berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 123/TK/Tahun 2018.

Keputusan ditandatangani Jokowi pada  6 November 2018, tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Selain tokoh dari Kalsel, Presiden Jokowi  juga memberikan gelar serupa kepada lima tokoh dari provinsi lainnya.

Mereka adalah Abdurahman Baswedan (DI Yogyakarta), Agung Hajjah Andi Depu (Sulawesi Barat), Depati Aimir (Bangka Belitung), Kasman Singodimedjo (Jawa Tengah)  dan Tokoh dari Banten, Brigjen  KH Syam’un.

Prosesi pemberian gelar pahlawan diawali  menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin  Presiden Jokowi.

Sebelumnya nama-nama yang masuk digodok Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) di Kementerian Sosial.

Setelah itu diajukan ke Presiden hingga dipilih enam nama pada tahun 2018.

H Sahbirin Noor didampingi Gusti Firdauzy Noor, cucu Pangeran Muhammad Noor usai menerima SK Presiden RI Joko Widodo mengucapkan syukur dan terima kasih atas keputusan pemerintah tersebut.

“Alhamdulillah atas nama keluarga besar PM Noor, masyarakat dan pemerinyah daerah, saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo beserta kementerian terkait atas Penganugerahan Pahlawan Nasional Pangeran H Muhammad Noor Almarhum. Ini merupakan bukti dari penghargaan dan perhatian  pemerintah terhadap para pejuang dan tokoh bangsa,’’ H Sahbirin Noor.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, menuturkan, ditetapkannya Pangeran Muhammad Noor sebagai pahlawan nasional, maka menambah panjang daftar pahlawan nasional asal Kalsel.

“Dengan penganugerahan Pahlawan Nasional kepada HM PM Noor yang telah diterima cucu  almarhum, maka sudah ada empat putra terbaik Banua  yang telah menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai pahlawan nasional,’’ katanya.

Sebelumnya Presiden juga menganugerahkan pahlawan nasional kepada Pangeran Antasari, Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri dan Dr KH Idham Chalid.

Paman Birin mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat Banua sangat lama menanti  penganugerahan pahlawan nasional untuk PM  Noor.

Menurutnya, penganugerahan Pahlawan Nasional untuk PM Noor sangat layak dan dirindukan masyarakat.

Ini mengingat perjuangan dan jasa beliau  untuk negara luar biasa .

Beliau merupakan salah satu tokoh pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Selain itu di era Presiden Soekarno, PM Noor pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Pernah menjabat Gubernur Kalimantan Pertama. (*/mns/K-2)

 

Iklan
Iklan