Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Kemenkumham Gelar Penguatan Fungsi Kehumasan

×

Kemenkumham Gelar Penguatan Fungsi Kehumasan

Sebarkan artikel ini

DIALOG HUMAS-WARTAWAN – Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian dengan didampingi para Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Syarifudin, Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala pada kegiatan penguatan fungsi kehumasan Kemenkumham Kalsel. (Istimewa)

Banjarmasin, KP – Penguatan fungsi kehumasan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel, Senin (5/11), digelar di Fizz room Hotel POP Banjarmasin, yang diikuti 35 wartawan cetak dan elektronik se Kalsel.

Android

Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk Forum Koordinasi dengan instansi terkait/media dengan Keynote Speech Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian didampingi para Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Syarifudin, Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala.

Dikatakan, wartawan merupakan bagian dari perjalanan karier dalam keseharian bertemu dengan awak media ditempat kerja tentunya ini menjadikan dekat seperti keluarga. Oleh karena itu mendorong di Humas untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai penguatan fungsi kehumasan Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui Forum Koordinasi dengan Instansi Terkait/Media Tahun Anggaran 2018.

Bahkan seiring dengan kesadaran bahwa humas memegang peranan yang sangat penting dalam membangun citra organisasi, keberadaan humas adalah suatu kebutuhan yang harus diprioritaskan. Untuk itu perlu juga didukung sumber daya manusia (SDM) dengan kapasitas yang kompeten dibidang kehumasan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian yang pernah menjabat Kepala Biro Humas Kemenkumham RI mengatakan, kegiatan serius tapi santai membahas tentang kinerja, untuk membantah isu atau berita miring, dan sekaligus menyampaikan informasi kinerja atau layanan baru pada Kanwil Kemenkumham Kalsel, dimana para Kepala Divisi masing-masing menjawab pertanyaan yang menjadi isu aktual saat ini.

Ditambahkan lagi, organisasi yang ideal adalah setiap anggota dan unsur internal menyadari bahwa sesungguhnya merupakan humas bagian organisasinya. Dengan adanya kesadaran tersebut, maka setiap anggota organisasi akan konsisten menjalankan peran kehumasan, baik dengan menghindari perbuatan yang akan berdampak negatif bagi citra organisasi maupun dengan aktif  mengkomunikasikan hal-hal yang sifatnya positif sehingga mampu membangun citra organisasi di mata pihak eksternal, ungkap Ferdinand.

Sementara itu Kepala Bagian Program dan Humas, Sugito dalam laporan menyampaikan tujuan kegiatan seperti terwujudnya akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan kegiatan-kegiatan untuk mengartikulasikan tujuan dan pandangan resmi tentang isu-isu yang relevan untuk diberitakan dan diinformasikan kepada khalayak umum melalui berbagai media yang ada dan terlaksananya tata kelola peliputan, pemberitaan dan pemberian informasi kegiatan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. (vin/K-5)

Iklan
Iklan