• Hari ini : Senin, 20 Agustus 2018

22 Daerah Nyatakan Hadir FASI X di Kalsel

Ketua Umum BKPMRI Kalsel, Drs H Hermansyah

Banjarmasin, KP – Mendekati hari pelaksanaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) X Tingkat Nasional, terinpirasi dari Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami.

Festival ini dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 16 September, diikuti perwakilan dari seluruh Provinsi di Indonesia, direncanakan dibuka Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara sampai sekarang ini peserta yang sudah mendaftar sekitar 1.972 dan 22 daerah yang sudah menyatakan kesiapan hadir.

Panggung utama di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mengedepankan ornamen Banjar dipadu Icon Masjid Sultan Suriansyah.

Mengapa menggunakan icon Masjid Sultan Suriansyah dalam panggung utama?.

Menurut Ketua Umum BKPMRI Kalsel, Drs H Hermansyah, dikarenakan masjid kebanggan masyarakat Banjar dan satu-satunya peninggalan Sultan Suriansyah kala itu, meski sudah beberapa kali dipugar.

“Kami menonjolkan orname Banjar yang dipadu dengan Icon masjid itu, selain ada sejarahnya juga melalui berbagai masukan dan ternyata hasilnya selain tampak megah juga mewah tanpa meninggalkan budayanya dan sangat kenal dengan nuasa religinya,’’ ucap Hermansyah kepada wartawan, di Banjarmasin, di sela-sela rapat pemantapan pelaksaan.

Ia juga mengatakan sampai sekarang ini peserta yang sudah mendaftar sekitar 1.972 dan 22 daerah yang sudah menyatakan kesiapan hadir.

yang meliputi dari Maluku, Sumatera Utara, Bangka Belitung, DKI Jawa Barat, Yogjakarta, Jawa Timur, Nusa Tengga Barat, Sulawesi Tenggara dan empat Provinsi asal Kalsel, Kalbar, Kalteng, dan Kaltim.

Ditambahkan, persiapan ini yang dibahas selain akomodasi, juga transportasi karena memang dilakukan pembagian penempatan yang disesuaikan dengan hotel yang sudah sudah dipesiapkan oleh para pantia.

“Kita memang persiapannya sudah 90 persen termasuk kesiapan bazar yang akan dilaksanakan dalam kegiatan FASI X di Banjarmasin ini,’’ ungkap Herman.

Khusus cabang lomba yang dipertandingkan sebanyak 19 meliputi Tartil Al Quran Putra dan Puteri, Adzan dan Isqomah, Nasyid Islami TKA, Perdagaan Sholat TKA putra dan puteri, Cerdas Cermat Al Quran, Mewarnai gambar TKA Putra dan Putri, serta cemarah Agama bahasa Indonesia putra dan puteri.

Adapun Cabang Lomba Tertil Al Quran TPA Putera, dan puteri, Adzan dan Istiqomah, Nasyid Islami TPA, Cerdas Cermat Al Quran TPA, menggambar TPA putra dan putri, ceramah agam Bhs Indonesia putra dan putri.

Selain itu juga Tilawatil Al Quran TQA putra dan putrei, Tahfidz Jus Amma TQA Putra, Tahafid Amma TQA Putri, Terjemah Lafziyah TQA, Kisah Islami IQA dan Kiasah Islami TQA Putri, Kalifigrfi, TQA Putra dan Putri, Ceramah Bahasa Indonesaia TQA putra dan Putri, demikian Ketua Umum BKPMRI Kalsel Drs H Hermansyah.(vin/K-2)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua