• Hari ini : Kamis, 24 Mei 2018
  • 28 C

93 Kades Ikuti Fakta Integritas Dalam Pengawasan DD

Sebanyak 93 Kepala Desa menyampaikan fakta integritas dalam pengawasan dana desa dan alokasi dana desa, Senin (14/5) di aula Bappedalitbang setempat.

Muara Teweh, KP – Sebanyak 93 Kepala Desa yang berada di Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti fakta integritas dalam pengawasan dana desa dan alokasi dana desa, Senin (14/5) di aula Bappedalitbang setempat.

Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk lebih meningkatkan pengawasan dan fungsi kontrol terhadap penggunaan dana oleh pemerintah desa.

“Kepala Desa sebagai pengguna anggaran sekaligus penanggungjawab anggaran desa agar lebih jeli dan berhati-hati serta waspada mengelola anggaran yang ada,’’ kata Pjs Bupati Barito Utara H Sapto Nugroho melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hendro Nakalelo.

Lanjut dia, dalam pengelolaan keuangan di Desa diharapkan pemerintah desa selalu mengedepankan kepentingan desa secara umum dan berasaskan keadilan untuk pemerataan pembangunan terutama bagi dana desa.

Dikarenakan dana tersebut yang berasal dari bantuan APBN sangatlah ketat penggunaannya yaitu untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat saja dan tidak boleh digunakan untuk operasional pemerintah desa apalagi untuk membangun kantor desa ataupun BPD.

Oleh karena itu, disarankan kepada pemerintah desa sejak dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan penggunaan dana hendaknya selalu mengikuti ketentuan dan aturan yang berlaku demi terselenggaranya pembangunan didesa yang tertib dan lancar.

Sedangkan sumber-sumber dana yang diterima oleh desa seperti bantuan keuangan yakni dana desa (APBN), alokasi dana desa (ADD) dan bantuan pemerintah, pemerintah provinsi atau kabupaten.

Selanjutnya, pendapatan asli desa diantaranya hasil usaha desa, hasil BUMDES, hasil kerjasama desa, hasil aset desa yang dipisahkan. Sementara pendapatan lain-lain yang sah yakni CD CSR, bantuan pihak ke-3, hibah dan bantuan lain yang tidak mengikat.

Penandatanganan Fakta Integritas ini dihadiri Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng Dr Mukhlis, SH, MH, Kepala Kejari, Dandim 1013/MTW, Perwakilan Kapolres dan Kepala Inspektur Barito Utara.(asa/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua