• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Adnan Fajrul Resmi Kepala Desa Sawang

Assisten Setda bidang Kesra Ir. HM. Yunus MM wakili bupati lantik kepala desa Sawang Adnand Fajrul bertempat di Pendopo kantor camat Tapin Selatan. (KP/H Baseri)
Assisten Setda bidang Kesra Ir. HM. Yunus MM wakili bupati lantik kepala desa Sawang Adnand Fajrul bertempat di Pendopo kantor camat Tapin Selatan. (KP/H Baseri)

Rantau, KP – Adnan Fadjrul resmi jadi kepala desa Sawang kecamatan Tapin Selatan Kabupaten setelah dilantik oleh bupati Tapin yang diwakili oleh Assisten setda bidang kesra Ir HM Yunus MM belum lama tadi.

Setelah sekian lama Desa Sawang Kecamatan Tapin Selatan tidak memiliki kepala desa definitif,  akhirnya resmi memiliki Kepala Desa yang baru pengganti antar waktu Kepala Desa Sawang sebelumnya dijabat sementara Rahimah SAg.

Bertempat Pendopo Kecamatan  Tapin Selatan Bupati Tapin HM Arifin Arpan di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir HM Yunus MM melantik dan mengambil sumpah Adnan Fajrul SSos sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sawang, belum lama tadi.

Pergantian Antar Waktu Kepala Desa Sawang Adnan Fajrul SSos di dasarkan dengan Surat Keputusan Bupati Tapin Nomor 188.145/115/KUM/2016 tentang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Sawang Kecamatan Tapin Selatan.

Proses pelantikan di hadiri, Camat Tapin Selatan Raniansyah SSos, Kepala BPMPD Tapin Yumanto AP, Unsur Muspika Tapin Selatan, Kepala Desa Sekabupaten Tapin Selatan serta warga Masyarakat Desa Sawang.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir HM Yunus MM dalam sambutannya mengatakan, permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati Tapin yang seyogyanya beliau melakukan pelantikan berhubung dengan kesibukan maka di wakilkan kepada kami.
“Mudah-mudahan dengan ketidakhadiran beliau tidak mengurangi arti dan makan pada proses pelantikan, “ ucapnya.

Menurutnya, pengesahan dan pengangkatan kepala desa pengganti antar waktu ini yang dilakukan merupakan model terbaru di gelar, bahan pertama di Indonesia. Karena tidak biasa dilakukan pelantikan kepala desa pengganti antar waktu.

Namun pengganti antar waktu kepala desa yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan, prosesnya  dengan secaya musyawarah dan memenuhi aspirasi masyarakat.

Pada kesempatan itu, menyampaikan amanat Bupati berpesan jadilah kepala desa yang menjadi panutan di masyarakat. Seorang kepala desa sekarang ini, bukan untuk dilayani, sebaliknya bisa  mengayomi dan melayani kebutuhan dasar masyarakat.

“Jadi sebagai kepala desa bukan untuk dilayani tetapi bisa mengayumi dan menjadi pelayan masyarakat, ” tandas bupati Tapin.

Karena mana saat ini, bantuan dana pemerintah daerah dan pemerintah pusat disalurkan untuk membiayai pembangunan di desa masing-masing, untuk itulah dapat dipergunakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Berharap kepala desa pengganti antar waktu ada kerjasama dengan mantan kepala desa yang lama dan jangan selalu bosan-bosannya untuk melakukan koordinasi yang bagi antara sesama, jadikannlah sebuah desa yang aman dan tentram.

“Berharap dengan adanya kepala desa yang baru pengganti antar waktu bisa menjalankan pemerintahan di desanya dan dapat melayani masyarakat di desanya dengan sebaik-baiknya, “ katanya.

Sementara itu Kepala BPMPD Tapin Yumanto mengatakan, proses pergantian antar waktu kepala desa Sawang terjadi karena kepala desa yang lama terjerat masalah hukum dan sudah memiliki putusan hukum tetap di pengadilan.sementara masa jabatan masih berlangsung lama maka dilakukan proses pergantian antar waktu secara musyawarah dan mupakat dengan melibatkan semua unsur pihak di desa setempat.

“Prosesnya sama dengan pemilihan kepala desa secara langsung tetapi dilakukan secara musyawarah, “ ujarnya.

Sementara untuk masa jabatanya meneruskan jabatan kepala desa yang lama yakni sampai 12 November 2019.

Berharap ini yang pertama dan terakhir dalam proses pemilihan kepala desa pengganti antar waktu, karena prosesnya harus melalui jalan panjang.

Usai prosesi pelantikan dilakukan foto bersama dengan unsur muspika Tapin Selatan dan pemeberian ucapan selamat dari tamu dan undangan yang hadir. (ari/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua