• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Agum Gumelar: Pepabri Harus Solid dan Netral Pada Pilkada

Ketua Pepabri Pusat, Agum Gumelar, ketika melantik dan mengukuhkan pengurus DPD Pepabri Provinsi Kalsel, masa bhakti 2016-2021, di Aula Makorem 101 Antasari, Kamis (24/11).
Ketua Pepabri Pusat, Agum Gumelar, ketika melantik dan mengukuhkan pengurus DPD Pepabri Provinsi Kalsel, masa bhakti 2016-2021, di Aula Makorem 101 Antasari, Kamis (24/11).

Banjarmasin, KP – Jenderal (Purn) TNI Agum Gumelar mengingatkan, bahwa Pepabri (Persatuan Purnawiran Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) harus tetap solid dan netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di manapun adanya.

“Dalam organisasi di sini ada mitra yakni Persatuan Punawirawan (PP) Polri, PP AD, PP AL mapun PP AU, maka ciptakan kebersamaan dan semakin solid jaminan utuhnya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), sehingga seberapapun ancaman, dari luar tak akan goyahkan NKRI. Ini harus kita pegang teguh,’’ kata Ketua Pepabri Pusat, Agum Gumelar, ketika pengukuhan Ketua dan anggota baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pepabri Provinsi Kalsel, masa bhakti 2016-2021, di Aula Makorem 101 Antasari, Kamis (24/11).

Danrem 101 Antasari, Kolonel KAV Yanuar Adil, juga memberikan sambutan dan ucapan atas terbentuknya pengurus baru ini. Ketua DPD Pepabri Kalsel, yang baru dipegang Kolonel Inf (Purn) Nasib Alamsyah, menggantikan Kolonel (Purn) Dandung S.

Dalam kepengurusan Pepabdi, juga ada unsur PP Polri yakni AKBP (Purn) H Aji Badianto, Letkol (Purn) Panut, AKBP (Purn) Mohadi, Letkol (Purn) Wasro, Letkol (Purn) Serudu dan Dra Hj Linah Tabrani.

Saya ungkapan rasa hormat dan terimakasih pada pimpinan yang lama, komandan Dandung dan segerap pengurusnya, yang telah banyak berbuat untuk Pebabri,’’ tambah Agum Gumelar.

Meski sudah tak menjadi pengurus, baik Dandung maupun Pak Muslih, yang dengan lancar melaksanakan Musda Pepabri ini, harus tetap memberikan perananannya demi bangsa dan negara.

Pada bagian lain Agum Gumelar mengingatkan, ke Nasib Alamsyah serta semua kepengurusan bahwa semua sebagai kehormatan dan kerpecayaan. Seorang yang terima kehormatan harus tekadkan dalam hati “aku tak akan berusaha untuk tidak mengecewakan kepercayaan dan kehormatan yang diterima’.

Termasuk dipesankan dalam membuat program ke depan, jangan muluk-muluk, yang akhirnya tidak bisa diraih.

Sebarkan Edaran

Pada bagian lain Agung Gumelar, yang pernah empat kali menjabat sebagai menteri juga Gubernur Lemhannas ini mengingatkan, dalam waktu tak lama seluruh wilayah akan melaksanakan pesta demokrasi dalam bentuk Pilkada.

Di Kalsel yakni Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

“Saya atau Pepabri Pusat telah sebarkan edaran ke DPD dan DPC, hadapi Pilkada,’’ ujarnya.

Penekanan Pepabri Pusat bahwa, di manapun sebagai individu atau keanggotaan Pepabri sama dengan almamaternya harus bersikap netral.

“Tapi bedanya, kalau TNI dan Polri sikap netral, harus dipatuhi dengan anggotanya, karena mereka masih aktif. Sedangkan Pepabsi, anggotanya purnawirawan, haknya sama dengan masyarakat. Dengan perbedaan, jajaran Pepabri netral sebagai individu.

“Kita diberikan kebebasan untuk memilih, dan kita diberi kebebasan sebagai individu sesuai dengan hati nurahi masing-masing. Pilihlah yang nasionalis, yang patuh dan taat pada Pancasila, siapapun silakan,’’ ujar mantan Ketua Komite Normalisasi PSSI dan Ketua Umum KONI Pusat ini. Sementara itu, Nasib Alamsyah, yang juga mantan Ketua DPRD Kalsel ini, akan berusaha solidkan semuanya.

“Intinya, biar sekecil apapun yang kita berikan, bisa bermamfaat untuk negara. Kita juga akan perhatian kesejahteraan anggota Pepabri,’’ ujarnya. (K-4/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua