• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Apel Besar Nusantara Bersatu Digelar di HSU

ORASI – Disampaikan Ketua DPRD HSU dalam apel besar Nusantra Bersatu. (KP/Novendra)
ORASI – Disampaikan Ketua DPRD HSU dalam apel besar Nusantra Bersatu. (KP/Novendra)

Amuntai, KP – Apel Besar Nusantara Bersatu yang dilangsungkan di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU), Rabu 30/11 diikuti sekitar ribuan peserta.

Apel Besar Nusantara Bersatu dipimpin oleh Plt Bupati HSU HM Hawari, bersama dengan Ketua DPRD H Sahrujani, Kejari HSU, Herlina Setyorini SH, Kepala Pengadilan HSU, Buwono, Kapolres HSU, AKBP Agus Sudaryatno, serta beberapa elemen lainnya, pelajar dan mahasiswa serta jajaran Pemkab HSU.

Dengan menggunakan ikat kepala merah putih sebagai simbol menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI) seluruh peserta nampak bersemangat.

Dalam kesempatan itu juga diisi orasi oleh Ketua DPRD yang mengajak kepada peserta apel untuk bersatu menjaga keutuhan NKRI.
“Meskipun tadi sempat turun hujan, namun akhirnya reda. Dan alhamdulillah akhirnya kita bisa melaksanakan apel nusantara bersatu ini” ungkapnya.

Dalam orasinya Sahrujani menyampaikan bahwa kita semua perlu mencontoh dan melanjutkan semangat para pahlawan. Sebagaimana diketahui pahlawan nasional kita ada juga yang berasal dari Banua diantaranya KH Dr Ideham Khalid.

“Kita semua patut berbangga urang banua yang menjadi pahlawan nasional. Mari kita semua meneladani sifat-sifat kepahlawanan para pejuang,” ungkap Sahrujani yang memberikan semangat kepada pemuda pemudi serta seluruh peserta apel.

Ditambahkannya, HSU adalah bagian dari negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita jaga keutuhan dan harus bersatu, lanjutnya.
Plt Bupati HSU HM Hawari dalam sambutananya mengatakan bahwa mengajak agar suasana di HSU selalu kondusif, menjaga kerukunan, mempererat tali silaturahmi demi tegaknya NKRI.

Apel diselenggarakan ini diprakarsai oleh kodim 1001 amuntai dengan mengangkat tema “nusantara bersatu,indonesiaku, indonesiamu, Indonesia kita bersama, bhinneka tunggal ika.

Pada kesempatan itu, Hawari menyampaikan atas nama Pemkab HSU menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kodim 1001 amuntai beserta seluruh jajarannya, atas inisiatifnya menggelar kegiatan nusantara bersatu.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yangsetulus-tulusnya kepada seluruh jajaran dan peserta apel.
Kehadiran kita dalam apel ini dalam rangka meningkatkan semangat, kebersamaan, semangat kebangsaan, semangat menjaga kerukunan hidup dan semangat menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan guna menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia
“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak agar menjadikan kegiatan nusantara bersatu, sebagai kegiatan untuk meneguhkan kembali rasa cinta dan bangga kita terhadap tanah air Indonesia,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini semoga dapat semakin meningkatkan semangat kebangsaan kita, meningkatkan nasionalisme, meningkatkan kesadaran dan ketaatan terhadap hukum dan peraturan, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan kita, demi terwujudnya stabilitas keamanan dan kedamaian serta suasana yang kondusif di bumi pertiwi kita, khususnya di banua kita tercinta, terlebih lagi dalam menghadapi pimilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah HSU 2017. (nov/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua