• Hari ini : Rabu, 19 September 2018

ASDP Buka Rute Pelayaran Banjarmasin-Jakarta

PT ASDP dalam waktu dekat ini akan membuka rute baru Jakarta-Banjarmasin pulang pergi dengan mengunakan kapal ferry

BATULICIN, KP – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, membuka rute baru, yakni Pelabuhan Trisakti Banjarmasin-Pelabuhan Merak Jakarta.

Kepala ASDP Cabang Batulicin Yudhi Yanuar melalui Manager Usaha Marsadik di Batulicin, Sabtu mengatakan, dibukanya rute Pelabuhan Banjarmasin-Jakarta tersebut sesuai perintah Direktur Jendral PT ASDP yang dikelola oleh ASDP Cabang Merak.

“Pertimbangan dibukanya rute tersebut, untuk memperbanyak pelayanan jasa di bidang pelayaran yang selama ini belum ada rute tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaannya, direncanakan dalam satu minggu akan dibuka dua kali keberangkatan namun saat ini masih dalam kajian.

Bila memungkinkan jumlah penumpang yang diberangkatkan memenuhi jumlah standar keberangkatan, maka dirjen akan memutuskan setiap bulannya akan ada pelayaran delapan kali Banjarmasin-Jakarta pergi pulang (PP).

Dia menambahkan, PT ASDP sudah menyiapkan satu unit kapal yakni KMP Feryndo V yang memiliki kapasitas 1.000-1.800 orang, sedangkan untuk kendaraan mencapai 20-50 unit kendaraan roda dua dan roda empat.

Menurut dia, dibukanya rute baru tersebut banyak pihak yang merasa diuntungkan, salah satunya, pengusaha yang awalnya saat mengirim barang dari Jakarta ke Pulau Kalimantan atau sebaliknya mereka harus melewati Pelabuhan Surabaya.

Namun dengan dibukanya rute baru tersebut, akan mampu menghemat biaya operasional, karena kapal dari Banjartmasin tujuan Jakarta dan sebaliknya, tidak perlu transit ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Dibukanya rute baru ini merupakan langkah untuk mendorong program pemerintah yang digencarkan oleh Presiden RI Joko Widodo yakni Tol Laut,” katanya.(net/K-7)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua