• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Asman Toga Pada TP PKK Desa Pantai Baru

Pembinaan – Diberikan Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma idiana Sayed Jafar Al-Idrus bersama rombongan ke Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga, (asman toga), di Desa Pantai Baru Kecamatan Pulau Laut Tengah. (KP/Andi)

Kotabaru, KP – Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma idiana Sayed Jafar Al-Idrus bersama rombongan melakukan pembinaan Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga, (asman toga), didesa pantai baru kecamatan pulau laut tengah, dihadiri oleh camat Pulau Laut Tengah dan kepala desa pantai baru serta segenap anggota tp pkk desa pantai baru.

Asman toga , dilakukan memanfaatkan halaman rumah dengan tanaman obat keluarga untuk memelihara dan meningkatkan status kesehatan serta mencegah gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Ketua PKK Kotabaru, Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar Al-Idrus, mengatakan, ” Pembinaan Asman Toga ini di maksudkan, selain membina pkk juga memfasilitasi terbentuknya kelompok asman toga di desa pantai baru ini, yang salah satunya dgn memberikan bantuan dana bergulir utuk menanam tanaman berkhasiat obat dan yg bernilai ekonomis. Melalui asman toga, masyarakat dapat langsung memanfaatkannya untuk mengobati gangguan kesehatan ringan. Pengembangan Toga juga merupakan salah satu program yang kini menjadi fokus perhatian dari PKK, karena tanaman Toga, tidak hanya mampu mengurangi belanja ibu-ibu, tetapi terbukti juga mampu menjadi nilai tambah pendapatan keluarga. Dengan tanaman TOGA ini kita juga telah melestarikan pengobatan tradisional sebagai warisan leluhur,” tandas Hj. Fatma.

Tanaman obat keluarga di kenalkan kepada warga kebanyakan dari aneka tanaman rimpang, seperti kunyit, temu lawak, jahe, dan tanaman rimpang lainnya. Termasuk tanaman kumis kucing dan tanaman tanaman lainnya yang dapat dijadikan obat keluarga.

Rhizoma atau yang sering disebut Rimpang adalah tanaman temu-temuan yang berasal dari famili Zingiberaceae yang dimana umbi batangnya berada di bawah tanah. Contoh tanaman rimpang yang sangat terkenal antara lain, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temu lawak, temu hitam, bangle dan masih banyak yang lainnya.

Banyak sekali kandungan yang ada pada tanaman rimpang-rimpangan tersebut. Antara lain, pati, pigmen, resin, lemak, gula, mineral serta senyawa metabolit sekunder termasuk di dalamnya minyak atsiri, saponin, flavonoid, alkaloid, terpenoid dan steroid . Pemanfaatan tanaman rimpang-rimpangan banyak digunakan sebagai bumbu masakan, bahan baku jamu gendong, aromaterapi (minyak atsiri), rempah,aroma,pewangi,obat modern (bahan aktif senyawa kimia), serta obat tradisional atau bahkan bisa digunakan dan dikembangkan sebagai makanan atau minuman fungsional.

Manfaat beberapa tanaman rimpang sebagai obat keluarga, pertama KUNYIT. Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang berwarna kuning asli, selain sebagai bahan pewarna alami makanan, ternyata kunyit banyak mengandung banyak khasiat. Khasiat atau manfaat Kunyit antara lain untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya, Diare, Masuk angin, Hepatitis, Kejang-kejang, Diabetes mellitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Keputihan, Haid tidak lancar, Amandel, dan masih banyak lagi.

Jahe, atau (Zingiber officinale). Manfaat Jahe antara lain , mengobati migren dan sakit kepala, menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan perut kembung atau gangguan pencernaan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan mual, obat asma, obat batuk, menghilangkan rasa nyeri, mengatasi jantung berdebar-debar, menambah nafsu makan menurun, mengobati reumatik, menghangatkan badan, mengobati sakit pinggang, obat asma, obat mual atau muntah, menyembuhkan nyeri otot, dan masih banyak yang lainnya Kencur.

Manfaat Kencur antara lain, mengobati sakit kepala, obat batuk, melancarkan keringat, mengeluarkan dahak, mengobati radang lambung, obat influenza, menyembuhkan masuk angin, obat diare, memperlancar haid, menyembuhkan keseleo. Dan masih banyak lagi lainnya. (and/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua