• Hari ini : Minggu, 27 Mei 2018
  • 28 C

Balangan Bakal Miliki Pengadilan Negeri

JUBIR – Fraksi Amanat Sanggam Erly Striana SE SSos sampaikan pandangan umum fraksinya.(KP/Ist)

Paringin, KP – Setelah sekian lama menunggu, rencana pembangunan Pengadilan Negeri di Kabupaten Balangan akhirnya semakin mendekati kearah terealisasi. Pasalnya, lahan untuk pembangunannya sudah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Bahkan terkait rencana tersebut, Kepala Bagian Biro Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia Didi Gunadi beserta rombongan, langsung meninjau lahan yang akan digunakan untuk membangun Pengadilan tersebut, beberapa bulan yang lalu.

Kedatangan rombongan dari berkunjung Mahkamah Agung di Kabupaten Balangan, diterima langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan H Rasman di ruang kerja Sekda Balangan pada hari yang sama.

Menurut Didi Gunadi, kedatangan pihaknya ini untuk memastikan kesiapan Balangan atas rencana pembangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Balangan.

Diakui Didi, Bupati Balangan H Ansharuddin telah bersurat kepada Mahkamah Agung RI tentang dukungannya terhadap rencana pembangunan Pengadilan Negeri di Paringin dengan menyediakan lahan.

Atas dasar inilah, lanjut dia, pihaknya langsung turun kelapangan guna memastikannya.

“Saya atas nama pimpinan MA menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Balangan atas perhatian dan keseriusannya memfasilitasi berdirinya Pengadilan Negeri di Balangan,’’ ujarnya.

Untuk proses pembangunan sendiri, menurut dia, didahuli nantinya dengan kunjungan Ketua Mahkamah Agung RI ke Balangan yang Insya Allah dilaksanakan pada bulan Pebruari 2018 nanti, sekaligus  untuk meresmikan operasional Pengadilan Negeri Paringin yang saat ini berlokasi di eks Kantor Hutbun Balangan.

Sementara Asisten II H Rasman mengatakan, pembangunan Pengadilan Negeri ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta upaya melengkapi komponen pemerintahan dibidang yudikatif.

“Kita selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbauk bagi masyarakat Balangan dalam berbagai bidang,’’ ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas terkait master plan dan kelengkapan dokumen perencanaan pembanguan Pengadilan Negeri ini.

Lokasi pembangunan kantor Pengadilan Negeri Balangan direncanakan di pinggir jalan A Yani tepatnya di samping kantor Diskominfo Balangan sesuai dengan lahan yang telah disediakan Pemkab Balangan. (jun/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua