• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Balita Usia 9-59 Bulan Wajib Imunisasi Campak

Foto Ilustrasi. (net)
Foto Ilustrasi. (net)

BANJARMASIN, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin akan melaksanakan imunisasi campak selama satu bulan yang akan dimulai 1 Agustus yang dilakukan secara serempak di Indonesia juga ibu kota Propinsi Kalsel.

“Imunisasi campak serentak di seluruh Indonesia akan diselenggarakan selama bulan  Agustus sehingga mulai sekarang ini seluruh Puskesmas dan Kader Kesehatan  mensosialisasikan program kesehatan untuk bayi usia 9-59 bulan ini,’’kata PLT Kepala Dinas Kesehatan H Supriani SKM kepada wartawan di Balaikota Banjarmasin, Jumat (28/7).

Bahkan, ujarnya, untuk pelaksanaan imunisasi campak itu sendiri akan dilaksanakan di seluruh Posyandu yang ada di Banjarmasin dan Puksemas selama bulan Agustus dalam rangka melakukan penjaringan seluruh Balita di Kota Banjarmasin.

“Kemudian para petugas juga  akan mendatangi rumah masyarakat yang belum sempat datang ke posyandu, untuk memberikan imunisasi campak kepada anak berumur 9 sampai 59 bulan,” ujarnya.

Imunisasi campak itu lanjutnya, juga tidak dipungut biaya, karena merupakan program pemerintah pusat untuk kesejahteraan masyarakat.
Tujuan pemberian Imunisasi campak, akan bisa menjaga kekebalan tubuh anak terhadap indikasi penyakit campak yang bisa membahayakan tubuh.

Karena, ujarnya, dampak penyakit campak, juga merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan komplikasi terhadap tubuh manusia. “Tubuh akan bisa mengalami kebutaan pada mata, sesak nafas atau gangguan paru-paru,” jelasnya.

Khusus pelaksanaan imunisasi campak itu, sebutnya, juga memiliki dasar hukum Undang-Undang kesehatan No 36 tahun 2009 tentang anak yang ada di Indonesia berhak mendapatkan imunisasi.

Ia menghimbau masyarakat Banjarmasin  bisa mengikuti imunisasi campak itu untuk menghindari serangan salah satu penyakit yang bisa berakibat fatal itu. Karena itu

Masyarakat Banjarmasin diharapkan menyambut baik pelaksanaan imunisasi oleh pemerintah itu, untuk menjaga kesehatan anak yang berumur dari 9 sampai 59 bulan.

“Kami pastikan vaksin asli dari Kementerian Kesehatan yang didrop melalui pemerintah daerah. Orang tua tidak perlu khawatir mengimunisasi anak,” ucap Supriani.

Dijelaskan Supriani, pemberian vaksin campak plus obat cacing dan vitamin A sekaligus saat imunisasi awal bulan nanti, sangat penting bagi perkembangan serta daya tahan tubuh balita.

“Balita harus mendapatkan imunisasi secara lengkap termasuk campak. Ini masih imunisasi dasar lanjutan imunisasi polio beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Bahkan, ujarnya, kali ini, Dinas Kesehatan lanjut Supriani, telah mensosialisasikan imunisasi campak disemua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang ada di Banjarmasin serta pos kesehatan lainnya.

“Saat pelaksanaan tidak hanya menunggu di Puskesmas dan Posyandu. Kaki juga akan mendatangi sekolah TK dan PAUD di Banjarmasin, agar semua balita mendapatkan imunisasi yang diberikan secara gratis,” demikian PLT Kepala Dinas Kesehatan H Supriani SKM. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua