• Hari ini : Senin, 11 Desember 2017

BAN PT Datangi Fakultas Teknologi Informasi Uniska

Tim Asesor, Noor Akhmad Setiawan PhD dari UGM Yogyakarta dan Purwanto PhD dari UDINUS Semarang didampingi oleh Dekan Fakutas FTI Dr Silvia Ratna saat meninjau Kampus Uniska Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Banjarmasin, KP – Akreditasi adalah salah satu penentu standar mutu dan penilaian lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) dilakukan pihak luar yang independen atau sebuah upaya pemerintah dalam menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitas lulusan antar perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Pertengahan bulan Agustus tepatnya 11-13 Agustus 2017 Fakultas Teknologi Informasi (FTI) kedatangan tamu dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) berkaitan dengan visitasi S1 Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB) Banjarmasin yang sedang melaksanakan akreditasi program studi.

Kedua tim penguji atau asesor tersebut adalah Noor Akhmad Setiawan, PhD dari UGM Yogyakarta dan Purwanto PhD dari UDINUS Semarang.

Noor Akhmad Setiawan mengatakan, akreditasi bagi sebuah perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta menjadi ruh agar institusinya “dilirik’’ oleh calon mahasiswa.

Beragam prasyarat agar sebuah perguruan tinggi bisa naik tingkat akreditasinya.

Tentunya perguruan tinggi yang bersangkutan haruslah memiliki kemampuan menembus prasyarat yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Akreditasi itu adalah mutlak dilakukan oleh perguruan tinggi,’’ katanya.

Ditambahkannya, akreditasi BAN-PT bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan atau satuan pendidikan.

Ada tiga kategori akreditasi yakni A untuk perguruan tinggi yang memiliki peringkat kelayakan tertinggi, kemudian dengan kategori B dan C, jika persyaratan baik tentu akan mendapatkan hasil yang baik, tambah Setiawan.

Sementara Dekan Fakultas FTI Dr Silvia Ratna mengatakan, hasil peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini penting diketahui saat akan memilih perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Jurusan atau satuan pendidikan yang terakreditasi merupakan salah satu syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah. Ini berdasarkan mandat dari UU tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Kita banyak mendapat masukan yang bermanfaat yang diberikan asesor untuk Uniska kedepannya, sehinggga kualitas program studi sistem Informasi ini terus lebih meningkat,’’ katanya.

Dr Jarkawi Wakil Rektor I Uniska sangat mendukung pelaksanaan akreditasi yang terselenggara, khususnya FTI Uniska mulai dari Pimpinan Fakultas, Pimpinan Program, Tenaga Pengajar, mahasiswa serta pejabat dilingkungan kampus Uniska, tentunya ini peningkatan kualitas serta peningkatan nilai.

“Ini sangat diharapkan, dengan akreditasi oleh FTI Uniska menambah kredibilitas dalam pendidikan dan Uniska terus lebih baik,’’ harap Jarkawi. (fin/K-5)

%d blogger menyukai ini: