• Hari ini : Selasa, 20 Februari 2018

Bandara Syamsudin Noor Bersiap Layani Kloter Haji 2017

Inilah Pesawat Airbus 330-300 yang akan mengangkut para jemaah haji, dan sudah mendarat sejak Senin (24/7) pagi, di Bandara Syamsudin Noor, pukul 05.19 WITA.

Banjarbaru, KP – Bandara Syamsudin Noor, mulai bersiap menyambut Musim Haji 2017, yang dimulai pemberangkatan pertamanya pada 30 Juli 2017 mendatang.

Maskapai yang siap mengangkut yakni Garuda Indonesia, sedang panitia yang terlibat di antaranya Kementerian Agama, Dishub Kalsel, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Damri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Karantina Pelabuhan, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI, POLRI serta PT Gapura Angkasa.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan menjelaskan, total jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) yang siap diberangkatkan, yakni sebanyak 5.523 orang, dengan rincian Haji Reguler Kalsel sebanyak 3.900 orang serta dari Kalteng 1.623 orang.

“Untuk jadwal embarkasi atau keberangkatan periode 30 Juli hingga 25 Agustus 2017, sedang kepulangan atau debarkasi dimulai pada 9 September hingga 5 Oktober 2017,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, rombongan haji semuanya terbagi menjadi 17 Kelompok Terbang (Kloter), terbagi lagi dalam 12 kloter haji reguler dan 5 kloter haji antara asal Kalteng.

Pesawat Airbus 330-300 yang akan mengangkut penerbangan haji sendiri sudah mendarat sejak Senin (24/7) pagi, di Bandara Syamsudin Noor pukul 05.19 WITA. Pesawat terbang langsung dari Brussel Belgia selama 14 jam non stop.

“Saat ini, penempatan pesawat di parkir nomor 5 R apron timur. Selanjutnya, oleh pihak Garuda Indonesia direncanakan dipasang logo Garuda sepanjang badan pesawat dan nomor kursi. Pesawat sendiri merupakan sewa dari maskapai HiFly Portugal,’’ sebutnya.

Handy menegaskan, untuk kekuatan personil internal Angkasa Pura yang mendukung pelayanan haji 2017, meliputi airport operation departement 36 orang dan aviation security department 8 orang.

“Selain itu, manajemen juga memastikan kesiapan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji 2017 ini dengan matang, agar layanannya menjadi aman dan lancar,’’ tandasnya.

Memang, sambungnya, akan ada beberapa jadwal keberangkatan haji yang bersamaan dengan penerbangan regular.

Pihaknya sudah antisipasi dengan memanfaatkan maksimal ruang tunggu lantai 1 dan 2. (Wan/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua