• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Banjar Siaga Antisipasi Banjir dan Puting Beliung

MENERIMA PERALATAN - Usai apel siaga, Wabup Saidi Mansyur menerima secara simbolis dari Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Rudi Phadmawto berupa satu unit peralatan pergudangan forclip, logistik seberat 9 ton, 1 unit genset light tower dan perahu. (Istimewa)
MENERIMA PERALATAN – Usai apel siaga, Wabup Saidi Mansyur menerima secara simbolis dari Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Rudi Phadmawto berupa satu unit peralatan pergudangan forclip, logistik seberat 9 ton, 1 unit genset light tower dan perahu. (Istimewa)

Martapura, KP – Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, relawan bencana mengggelar apel siaga antisipasi, mitigasi dan kesiapan menghadapi bencana banjir serta angin puting beliung di Kabupaten Banjar, Senin pagi (21/11), di halaman Kantor Bupati.

Apel ini guna menindaklanjuti surat BNPB dan BPBD Kalsel mengingat cuaca yang tidak menentu dan terdapat potensi hujan lebat pada Januari dan Februari 2017. Ini juga gerak terpadu pemerintah, masyarakat, dunia usaha menuju ketangguhan Kabupaten Banjar menghadapi bencana.

Wakil Bupati Saidi Mansyur saat memimpin apel mengatakan, penanggulangan bencana pada hakikatnya upaya kemanusiaan untuk melindungi dan menyelamatkan manusia sebagai sumber daya pembangunan dari ancaman bencana.

Menurutnya, apel siaga ini sangat penting sebagai upaya strategis guna melaksanakan manajemen pengelolaan bencana, mulai tindakan preventif hingga pasca bencana secara profesional dan bertanggung jawab.

“Saya harap seluruh tim gabungan meningkatkan koordinasi dan bekerjasama dalam menangani setiap bencana,’’ pintanya.

Saidi juga menyampaikan, bencana tidak dapat ditolak, namun harus ada upaya  meminimalisir dampak ditimbulkannya. Stasiun Klimatologi Kalsel memperkirakan awal musim penghujan 2016/2017 datang lebih cepat dibanding biasanya.

“Puncaknya diperkirakan terjadi Januari-Pebruari 2017 dengan potensi hujan lebat mencapai lebih dari 150mm/hari,’’ jelasnya.

Kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini, ujarnya, sekalipun pada kondisi aman, namun perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana.

“Peralatan kita harus lengkap,’’ ujar Saidi Mansyur. (wan/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua