• Hari ini : Kamis, 24 Mei 2018
  • 28 C

Banjar Targetkan Akreditasi Paripurna Seluruh Puskesmas

Penyerahan sertifikat akreditasi oleh Bupati KH Khalilurrahman kepada para kepala puskesmas.

Martapura, KP – Perbaikan pelayanan kesehatan, terutama di tingkat dasar begitu diperhatikan Pemkab Banjar. Dari 23 Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT-Puskesmas) setempat, 15 diantaranya sudah mendapat sertifikat akreditasi.

Bupati KH Khalilurrahman mengharapkan pelayanan kesehatan di puskesmas bisa terus ditingkatkan agar bisa mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah di bidang kesehatan.

Kadis Kesehatan Ikhwansyah menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh puskesmas bisa akreditasi paripurna 2021 mendatang. Saat ini sudah ada 15 puskesmas atau sekitar 65 persen dari seluruh puskesmas yang terakreditasi.

“Dari 15 puskesmas yang terakreditasi, 10 puskesmas memperoleh sertifikat akreditasi dasar dan 5 akreditasi madya,” kata Ikhwansyah.

Dijelaskannya, setiap pelayanan kesehatan tingkat pertama harus memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, sehingga dimanapun masyarakat berobat, akan menerima pelayanan kesehatan yang sama bagusnya.

“Artinya mutu pelayanannya sudah sesuai standar,” jelas Ikhwansyah.

Ditambahkannya, akreditas fasilitas kesehatan merupakan kewajiban dari seluruh puskesmas di Indonesia. Tiap dua tahun sekali, puskesmas akan kembali diuji apakah masih sesuai standar ditetapkan pemerintah pusat atau tidak. Tingkat akreditasi puskesmas ada empat level, yakni dasar madya, utama dan akreditasi paripurna. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua