• Hari ini : Selasa, 24 April 2018

Banjarbaru Ingin Kembangkan Potensi Jagung

BP3K Liang Anggang Banjarbaru saat berkunjung ke sentra jagung Kabupaten Tanah Laut.
BP3K Liang Anggang Banjarbaru saat berkunjung ke sentra jagung Kabupaten Tanah Laut.

Banjarbaru, KP – Dalam rangka mewujudkan swasembada padi, jagung dan kedelai hingga 2017, petugas penyuluh pertanian BP3K (Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan) Liang Anggang Banjarbaru berkunjung dan langsung belajar ke kebun sentra jagung Kabupaten Tanah Laut, tepatnya di Kelompok Tani Rukun Karya Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, Rabu (30/11).

Petugas garda depan pertanian ini terdiri dari Kepala UPT BP3K Ahmad Rifani, Subbag TU, Mantri Tani dan seluruh penyuluh pertanian se BPP Liang Anggang.

Dalam temu lapang kelompok tani bersama penyuluh pertanian Syaiful dan ketua kelompok tani Thomas dijelaskan, penyuluh tidak hanya sebagai motivator dan penyampai teori belaka, tetapi juga pelaku utama/pelaksana.

“Adapun tujuan kunjungan ini sebagai upaya menambah wawasan penyuluh, menggali inovasi-inovasi baru tentang budidaya jagung di Kelompok Tani Rukun Karya yang saat ini mengembangkan hingga 250 hektare (ha) dengan jumlah anggota 40 orang,’’ tandas Kepala UPT BP3K Ahmad Rifani.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan dana swadaya dan mendapat izin dari Kepala BKP5K Banjarbaru.

Setelah kunjungan diharap semua penyuluh bisa memberi informasi kepada petani di wilayah binaan masing-masing dan menginspirasi wilayah BP3K Liang Anggang untuk mewujudkan Banjarbaru bisa membudidayakan jagung pipil dengan mengkondisikan potensi lahan dan sumberdaya petani yang cukup, mengingat peluang pasar sangat besar, terlebih dengan berdirinya pabrik pakan baru di Tanah Laut.

Pada akhir kunjungannya, penyuluh BP3K Liang Anggang diberi kesempatan mencoba demplot tanam jagung. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua