• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Banjarbaru Rintis Angkutan Bus Perkotaan

Dua bus angkutan perkotaan rute RSUD Idaman yang sudah dimiliki Pemko Banjarbaru.

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani mengatakan, pihaknya merintis angkutan perkotaan menggunakan bus sehingga tidak kalah dengan daerah lain yang sudah mengoperasikannya.

“Dan ini sudah dimulai dengan operasinal dua unit bus sebagai uji coba hingga akhir Desember 2017,’’ ujarnya, kemarin.

Disebutkannya, dua unit bus dengan kapasitas 35 tempat duduk itu adalah bus dari Kementerian Perhubungan yang diserahkan ke Pemko Banjarbaru untuk angkutan perkotaan.

Tahap ujicoba di mulai sejak, Rabu (11/10) lalu, melayani rute dari Terminal Simpang Empat Jalan Mistar Cokrokusumo hingga sepanjang Jalan Trikora menuju RSUD Idaman.

Dijelaskannya, selama tahap uji coba dengan sistem pengangkutan bolak-balik itu, penumpang tidak dikenakan biaya hingga akhir Desember 2017.

“Kami ingin masyarakat mengetahui dulu bahwa ada angkutan bus perkotaan yang melintasi kawasan itu,’’ ungkapnya.

Rencananya sepanjang rute yang dilintasi bus dibangun halte sehingga masyarakat bisa menunggu bus melintas. Dana untuk pembangunan halte akan disiapkan mulai 2018.

Pihaknya masih berupaya meminta bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk menambah armada bus yang akan digunakan di jalur Jalan Trikora dan Lingkar Utara Banjarbaru.

“Kami sudah menyampaikan proposal ke Kemenhub melalui anggota DPD RI daerah pemilihan Kalsel Abdurrahman Bahasyim saat mengunjungi Pemko Banjarbaru baru-baru ini,’’ ujarnya.

Nadjmi berharap, proposal bantuan itu disetujui sehingga moda transportasi massal menggunakan bus di Banjarbaru terealisasi dan masyarakat menikmati angkutan yang lebih baik. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua