• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Banjarmasin Gelar Naga Banjar 2016

Foto Ilustrasi. (net)
Foto Ilustrasi. (net)

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar kembali pemilihan Nanang Galuh Banjar dengan melakukan pencarian pasangan ikon Duta Wisata Budaya dan Pariwisata Kota Banjarmasin.

Kegiatan ajang bergengsi rutin tahunan pemilihan Naga Banjar ini diselenggarakan dalam ajang Festival Pemilihan Nanang Galuh (Naga) Kota Banjarmasin 2016, yang pendaftaran sudah ditutup awal Agustus yang lalu.

Dengan begitu bagi putera dan puteri Banjarmasin yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan dalam ajang bergengsi Naga Banjar diharapkan bisa mempersiapkan diri sebelum mengikuti teknikel metting 22 Agustus yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Drs H Iwan Fitriadi didampingi Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kota Banjarmasin Dra Hj Helda Ellystia kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat (5/8).

Ia juga mengatakan, semua persyaratan tentunya, sebagai putera dan puteri yang berdomisili atau milki KTP Kota Banjarmasin dinyatakan berhak mengikuti ajang  pemilihan Naga yang diselenggarakan pihak Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang setiap tahunnya dilselenggarakannya.

“Memang pemilihan Naga Banjar sengaja kita beri waktu panjang kali ini, supaya bisa melakukan persiapan sekaligus menjaring peserta sebanyak-banyaknya,’’ ujarnya lagi.

Dikatakan Helda yang akrab dengan wartawan, ajang pemilihan Naga Banjar ini  merupakan salah satu dari sembilan rangkaian event kegiatan budaya yang diselenggarakan Disbudparpora pada 2016 ini.

“Festival Pemilihan Naga ini sudah berjalan di daerah kita sejak 1980 lalu,’’ ucapnya. Hingga kini ajang tersebut tetap dilangsungkan setiap tahunnya.

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kota Banjarmasin Dra Hj Helda
Ellystia menyatakan, peserta yang boleh mengikuti pemilihan Naga 2016 tersebut disyaratkan berdomisili di Banjarmasin dengan tinggi badan minimal untuk nanang 165 cm dan galuh 160 cm. “Tentunya kita cari yang berpenampilan menarik,’’ tuturnya.

Namun, tidak hanya itu saja, para peserta juga diharus berwawasan intelektual dan memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Banjar, serta agamis. “ Karena mereka yang terpilih nantinya akan menjadi ikon duta budaya dan pariwisata Banjarmasin, tentunya harus memiliki semua itu,’’ tegasnya.

Dia menyatakan, tim juri yang akan menilai ajang pemilihan Nanang Galuh ini nantinya dijamin profesional dan berwawasan kebudayaan Banjar. “ Jadi tidak bisa diintervensi sedikit pun,’’ tegasnya. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua