• Hari ini : Minggu, 27 Mei 2018
  • 28 C

Banjarmasin Optimis Mampu Raih Adipura Kencana

Banjarmasin, KP – Target Kota Banjarmasin untuk meraih penghargaan Adipura Kencana sepertinya tak bisa ditawar lagi. Buktinya, beragam persiapan untuk menyambut datangnya lambang supremasi tertinggi untuk kategori kebersihan kota itu, mulai dilakukan jajaran Pemko Banjarmasin.

Bahkan, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina telah menginstruksi agar seluruh SKPD yang terkait dengan penilaian Adipura berkolaborasi, sehingga kesiapan kota ini untuk menyambut datangnya penghargaan tersebut dapat terlihat.

“Ulun minta agar seluruh SKPD berkolaborasi untuk bersama-sama Kayuh Baimbai mewujudkan kota Barasih wan Nyaman,’’ ujarnya, saat memberikan arahannya pada Rapat Pembinaan Teknis Penilaian Adipura dan Ekspose Hasil Penilaian Pertama (2017/2018), di Aula Kayuh baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Senin (12/2).

Dalam kegiatan yang dihadiri seluruh lurah dan camat se Kota Banjarmasin itu, orang nomor satu di kota seribu sungai ini juga meminta, untuk lebih mengaungkan lagi semangat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, hari Jumat depan seluruh ASN melaksanakan kegiatan gotong royong, babarasih kantor, yang dimulai dengan kawasan perkantoran Balai Kota Banjarmasin.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Ikhlas menjelaskan, untuk tahun ini jumlah kabupaten kota di Kalsel yang ikut dalam penilaian adipura bertambah.

“Tahun ini yang ikut dalam penilaian ada 12 kabupaten kota, artinya ada penambahan, dan ini tentunya atas kerjasama kita semua terutama kawan-kawan yang berkecimpung dengan kebersihan serta komitmen dari para pemimpin kota kabupaten,’’ katanya.

Untuk meraih penghargaan Adipura Kencana, ada kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya tiga kali berturut turut mendapat penghargaan yang sama, peringkat 5 besar untuk kota metropolitan, mampu mengolah sampah paling sedikit 15 persen dari total keseluruhan sampah, dan memiliki izin lingkungan untuk tempat pemrosesan akhir sampah.

Sedangkan Kepala DLH Kota Banjarmasin Drs H Muchyar mengatakan, pihaknya akan terus berusaha dan berbenah untuk bisa mendapatkan Piala Adipura.

Hal ini penting dilakukan dalam mendukung untuk mendapatkan Piala Adipura Kencana sesuai harapan warga Banjarmasin semua. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua