• Hari ini : Jumat, 25 Mei 2018
  • 28 C

Bantu Alsinta untuk Tingkatkan Pendapatan Petani

DARDI SERAHKAN BANTUAN – Anggauta DPR RI PDI Perjuangan HM Dardiansyah kembali menyerahkan peralatan pertanian untuk meningkatkan hasil panen untuk mengangkat pendapatan keluarga petani banua. (KP/Hifni)

BANJARMASIN, KP – HM Dardiansyah Anggauta DPR-RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan asal Dapil Kalsel dalam resesnya menyerahkan bantuan Alsinta kepada petani.

Alsinta yang diberikanm terzebut terdiri unit traktor, pompa air dan mesin perontok padi.

HM Dardi sapaan akrabnya kepada wartawan menjelaskan, tujuannya pemberian alat pertanian ini adalah untuk memudahkan penggarapan dan pengolahan lahan, hingga bisa meningkatkan hasil produksi dan membuat pendapatan ekonomi keluarga petani banua juga bisa bertambah menjadi pra sejahtra ekonomi keluarga kecilnya.

“Untuk sementara yang telah diberikan ada 4 unit Corn Seller (Mesin Perontok Jagung), kemudian disusul 3 unit Perontok Padi yang besar, Hand Traktor 20 unit, Traktor Besar 4 unit serta puluhan Pompa Air dan Mesin Jajar tanam padi,” ungkapnya, Selasa (22/8) di Batulicin.

Diharapkan, lanjut Dardiansyah, dengan adanya bantuan Alsintan ini lebih memudahkan para petani banua dalam menggarap lahan dan mengolahnya hingga bisa mencapai hasil yang maksimal setiap panennya hingga mengangkat perekonomian keluarganya pencapaian pra sejahtra.
“ Ini sesuai program pemerintah Jokowi-Jk, dimana prioritas mengarah kepada bidang pertanian hingga segala peralatan untuk pertanian diperhatikan dan menjadi prioritas kami sebagai anggauta DPR RI,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, H Setia Budi SKM MM menyebut, selain bantuan dari anggota DPRRI HM Dardiansyah, untuk Dinas Pertanian mendapatkan bantuan dari Pusat berupa Mesin Panen Padi dan total bantuan Alsintan untuk Brigade Alsintan pada tahun 2017 sebanyak 12 unit.

“Kemudian ditambah Hand Traktor 21 unit dari dana DAK APBN berupa Pompa Air 4 in dan 6 in sebanyak 72 unit dengan banyaknya bantuan Alsintan yang ada, kami berharap bisa dioptimalisasikan pada lahan-lahan tidur yang ada,” terangnya.

“ Kami memberikan apresiasi kepada H Dardi yang begitu peduli dengan banuanya hingga para petani banua mendapatkan bantuan alat pertanian yang sangat mereka harapkan untuk meningkatkan produksi,” sebut Setia.

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan saat itu :Poktan Sumber Rejeki Desa Harapan Jaya Kusan Hulu yang diketuai Rupadi.

Untuk Poktan Harapan Bersama Desa Sepakat Mantewe diketuai Suyadi.Poktan Jaya Makmur Des Sido mulyo Mantewe diketuai Jemiran dan Poktan Berkat Usaha Desa Karang Bintang Kecamatan Karang Bintang yang diketuai Mursidi.

Turut hadir dalama cara penyerahan kemaren alsintan di Gedung Balai Benih Pertanian Desa Manunggal Karang Bintang tersebut, Anggota DPRD Tanbu, Camat Karang Bintang, Kepala Desa Manunggal, Petugas Penyuluh dan instansi terkait lainnya.

Bilui salah satu petani disana mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada anggauta DPR RI Kalsel HM Dardi yang mau berjuang digedung Senayan agar warga banua mendapatkan bantuan alat pertanian karena anggauta DPR-RI yang ada sangat jarang mau berjuang untuk warganya bila sudah duduk disana.

“ Kami sebagai petani berharap bantuan ini terus mengalir didaerah kami karena alat-alat ini sangat kami butuhkan meskipun cukup mahal harganya dan kami akan merawat alat pertanian ini,” jelas ayah 5 anak ini. (hif/K-7)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua