Bantuan Berdatangan untuk Korban Banjir

ditulis pada 19 Juli 2017

Polres Kabupaten Gunung Mas bantu warga kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas yang kebanjiran.

KUALA KURUN, KP – Akibat curah hujan yang cukup tinggi, membuat beberapa Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terendam banjir. Salah satunya di Kecamatan Tewah, Kabupaten Gumas, Kalteng, Sabtu (15/07/2017) pukul 09.30 WIB.

Bhabinkamtibmas Polsek Tewah, Polres Gumas Aiptu Sabar Hari bersama tiga personel Polsek Tewah langsung turun ke lokasi membantu warga yang rumahnya terendam air hingga mencapai dada orang dewasa di Kecamatan Tewah.

Adapun lokasi banjir di Kecamatan Tewah tersebut meliputi Jalan Hentak, Gang Polong, Jalan Tugu, Jalan Gereja, Jalan Perintis, dan Jalan Veteran.

Banjir tersebut akibat dari curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, menyebabkan debit sungai Kahayan meluap dengan arus yang cukup deras.

Kapolres Gumas AKBP Ardiansyah Daulay, S.I.K.,M.H., melalui Kapolsek Tewah AKP Junaldi menyampaikan  pihaknya telah menerjunkan anggotanya untuk patroli didaerah yang terendam banjir.

“Saat ini kami masih berusaha membantu warga untuk melakukan evakuasi dari rumah mereka yang terendam banjir, dan kami juga telah menyiapkan tenda darurat di Mapolsek Tewah bagi para korban. Sedangkan untuk korban jiwa hingga saat ini tidak ada,’’ kata AKP Junaldi.

Lohing

Sementara, musibah banjir yang melanda Kabupaten Gunung Mas, dan beberapa wilayah Kalteng lainya membuat masyarakat butuh bantuan untuk memenuhi kebutuhan.

Pasalnya warga sulit berusaha mencari nafkah, perhatian dan kepedulian datang dari Ir Lohing Simon yang membantu paket sembako.

Salah satu anggota tim Lohing Simon, Ina Prayawati mengatakan, bantuan sembako tiba Senin (17/7) malam, adalah bentuk kepedulian Ir Lohing Simon terhadap masyarakat.

Bantuan diarahkan di Kabupaten Gunung Mas, khususnya untuk masyarakat lima kecamatan di Gunung Mas yang terdampak dari terendam banjir.

“Diharapkan bantuan tersebut tidak dinilai dengan banyaknya  tetapi oaket sembako akan diberikan, Selasa (17/7) berupa 10 kg beras, 2 kg gula dan kopi,” jelas Ina.

Tapi yang penting nilai kepeduliannya.

Di jelaskan Anggota DPRD Kalteng ini,  masyarakat memang membutuhkan sembako akibat musibah yang dampaknya sangat luas dan tugas bersama memberikan bantuan.

“Kita harapkan masyarakat sabar dalam menghadapi musibah banjir ini dan semoga musibah segera berlalu,” ucap politisi PDIP ini.

Seperti diketahui banjir melanda Gunung Mas cukup parah, dan beberapa daerah lainya di Kalteng, ternasuk DAS Barito bahkan masyarakat harus mengungsi akibat debit air yang terus meninggi.

Banjir tersebut menjadi musibah tahunan bagi warga setempat, sehungga membuat semua aktifitas masyarakat, baik perekonomian jadi terhenti dan dampaknya sangat luas, ujar warga yang dibenarkan Ina Prayawati. (nty/drt/K-8).

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.