• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Barsel Tampilkan Tarian Penyembuhan Penyakit

hal-12-4-klm-penali-balian

Buntok, KP – Kabupaten Barito Selatan nampaknya benar-benar kaya akan sejumlah ritual budaya yang mengandung mistis. Salah satunya tari balian Nulak Sampan Nguser Manyang Jala  sebuah tarian pengobatan dan bisa menyembuhkan orang sakit.

Tarian ini biasanya digunakan oleh para leluhur suku dayak pada masa lampau untuk melakukan pengobatan terhadap orang sakit, mengingat pada saat itu medis masih belum ada.

Tarian ini pulalah yang sempat memukau warga Jakarta saat ditampilkan di Explore Exotica Of Central Kalimantan  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) anjungan Kalteng, Minggu (20/11) lalu.

Kadisdikbud Barito Selatan HR Sudarto didampingi koordinator tari Kutus Ranu Mareh kepada Kp, Rabu (23/11) di Buntok mengatakan, dalam Explorer  tahun 2016 ini mereka sengaja menampilkan tarian yang lain dari biasanya.

Maksudnya ucap HR Sudarto, agar sejumlah ritual budaya yang ada di Barito Selatan bisa lebih dikenal dimasyarakat. Selain itu, agar anak cucu dan generasi penerus Barito Selatan kelak, lebih mengenal warisan budaya nenek moyangnya di masa lampau.

“Terus terang, saya sangat bangga karena saat tarian ini ditampilkan mendapat apresiasi positif dari ribuan pengunjung taman mini yang hadir saat itu, termasuk puluhan duta besar negara sahabat,’’ ucap HR Sudarto.

Sementara itu, koordinator tari Kutus Ranu Mareh menjelaskan, tari balian Nulak Sampan Nguser Mayang Jala  tersebut tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan.

Artinya lanjut dia, hanya bisa dilakukan oleh para Wadian (penari balian), untuk proses pengobatan terhadap orang sakit, termasuk penyakit  kena guna-guna. Tari ini biasanya diiringi oleh musik tradisional khas dayak.

“Tarian ini sejak zaman dahulu kala dipercaya oleh suku dayak mampu mengobati segala macam penyakit maupun gangguan dari roh-roh jahat,’’ katanya.(adi/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua