• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Baru Beroperasi Bank Sampah Tapin Kumpulkan 3 Ton Sampah.

PERTUGAS – Bank sampah saat melakukan penimbangan sampah hasil pengumpulan pasukan kuning yang sekaligus juga sebagai sebagai pengumpul sampah yang ada di lingkungan masyarakat di daerah ini. (KP/HM BAseri)

Rantau, KP – Sinas Lingkungan Hidup kabupaten Tapin kelola Bank Sampah, dalam 10 hari beroperasi bank sampah induk Kabupaten Tapin berhasil kumpulkan 3 (tiga) ton sampah hasil pemilahan yang di kumpulkan oleh pasukan kuning bersama masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Drs H Zain Arifin MM didampingi Kabid Kebersihan Hanafi Gobet Ssos Rabu (10/1) kemarin mengatakan, untuk mengurangi sampah-sampah di TPA-TPA Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mulai mengefektifkan bank sampah induk.

´Dengan 150 orang pasukan kuning yang menjadi nasabah ditambah dengan 96 nasabah dari masyarakat bank sampah sudah mengumpulkan 3 ton sampah dalam waktu 10 hari,” ungkap H. Zain Arifin.

Dikatakan oleh Zain Arifin, kegiatan bank sampah Tapin guna mengurangi sampah-sampah yang ada di TPA-TPA. Diharapkan dengan adanya kegiatan bank sampah, bersama pasukan kuning nantinya dapat memotifasi masyarakat agar lebih aktif dalam memanfaatkan sampah.

“Dengan kegiatan ini diharapkan 2018 sampah di Tapin semakin berkurang, sehingga nantinya seluruh masyarakat baik sekolah dan instansi-instansi lebih sadar akan fungsi pemilahan sampah.” Tandasnya.

Selain itu ia juga menambahkan, kegiatan ini sekaligus agar para petugas kebersihan yang menjadi nasabah dapat tertib administrasi, seperti mengisi daftar hadir, serta secara rutin menabungkan sampahnya, “ Jadi sekalian petugas pasukan kuning berhadir dan melakukan absensi di Bank Sampah Tapin kita secara aktif.” Tandasnya.

Menurut Zain lagi kegitan bank sampah sekaligus penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya sampah dengan mengajak seluruh masyarakat lainnya untuk memilah dan memanfaatkan sampah.

Sementara itu Kabid Kebersihan DLH Tapin H. Hanafi Gobet menambahkan dalam kegiatan bank sampah DLh Tapin juga menyediakan hadiah untuk tiga orang dengan jumlah tabungan terbanyak dengan jumlah tabungan sampah mencapai 1 ton.

“Sampah yang masuk dalam bank sampah yakni sampah kertas, plastik dan besi,” ucap Gobet.

“Semakin banyak yang menabung mininal 1 ton nasabah akan mempunyai tabungan minimal Rp.1 juta dari sampah yang ditabung dan akan dihitung pada akhir tahun.” Tambahnya.

Dikatakannya pula untuk pemberian hadiah kepada tiga orang nasabah ini tidak lain untuk memberikan semangat bagi penabung bank sampah terbanyak yang dapat mengumpulkan sampah hasil pemilahan yang mencapai 1 Ton yang dihitung dari tanggal 1 Januari s/d Desember 2018. (ari/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua