• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Bayi Lahir DI RSHD Pulang Bawa Akta Kelahiran Gratis

SPANDUK – Pemberitahun bayi lahir di RSHD pulang membawa akte kelahiran gratis di pasang Pemkab HST. (KP/Ary)
SPANDUK – Pemberitahun bayi lahir di RSHD pulang membawa akte kelahiran gratis di pasang Pemkab HST. (KP/Ary)

Barabai, KP Semua bayi yang lahir di Rumah Sakit H Damanhuri (RSHD) Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan langsung mendapatkan Akta Kelahiran secara gratis. Prosesnya pun juga sangat cepat, sehingga saat pasien dan bayi pulang, bisa membawa langsung akta kelahirannya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) HST Syahbidin, membenarkan, bayi yang baru lahir di RSHD Barabai akan mendapatkan Akta Kelahirannya secara gratis. “Insha Allah program dari Disdukcapil yang bekerja sama dengan rumah sakit ini, tidak dipungut biaya atau gratis,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Program tersebut bertujuan untuk mempercepat realisasi target 90 persen penduduk HST memiliki akta kelahiran. Sejak pembuatan akta lahir tersebut digratiskan atau tak dipungut biaya, berdampak terhadap peningkatan jumlah anak yang kelahirannya dilaporkan orang tuanya ke bidang Catatan Sipil.

“Sebelumnya, baru 45 sampai 50 persen dari jumlah kelahiran anak yang mengurus akta. Alhamdulillah sekarang sudah 80 persen. Dengan kerjasama rumah sakit, diharapkan target 90 persen tercapai,” tambahnya

Mengenai biaya pembuatan surat keterangan kelahiran yang selama ini dipungut pihak rumah sakit, Syabidin mengatakan, masih membahas masalah tersebut dengan pihak rumah sakit, agar tidak ada biaya apapun terkait kepengurusan akta, dalam rangka mendukung tertib administrasi kependudukan di HST. (net/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua