• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Belasan Desa di HST Nyatakan Bebas BAB Sembarangan

Sebanyak – 16 Kepala Desa Saat Nyatakan Deklarasi Bebas BAB Sembarangan.(KP/Ary)

Barabai, KP – Sebanyak 16 desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Deklarasikan menjadi sebagai desa yang bebas dari melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BAB) atau dalam bahasa latinnya Open Defecation Free (ODF) dalam sebuah kegiatan Senam Germas dan Pemeriksaan Kesehatan serta Deklarasi Desa ODF yang dilaksanakan di Lapangan Dwi Warna Barabai Sabtu pagi lalu (6/10).

Kepala Dinas Kesehatan HST drg H Kusudiarto dalam laporannya mengatakan dari 3 kabupaten/kota se Kailimantan Selatan, HST merupakan salah satu kabupaten yang dipilih oleh Provinsi sebagai pusat kegiatan ini dimana masih dalam rangkaian turut menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kal Sel pada umumnya dan di kabupaten HST secara khususnya.

Sementara untuk pencapaian desa ODF adalah merupakan bentuk kerjasama Pemerintah kabupaten HST dalam hal ini Dinas Kesehatan dengan pihak TNI yang ada di wilayah ini seperti babinsa,”ungkapnya.

Adapun dari 16 desa yang sudah lolos verifikasi dari Kementrian Kesehatan RI dan dinyatakan serta memiliki jamban sehat 100 persen serta menyatakan bebas BAB sembarangan itu adalah Desa Murung A, Pantai Batung, Awang Besar, Gambah, Benawa Tengah, Kayu Bawang, Durian Gantang, Guha, Sungai Rangas, Pandawan, Banua Asam, Banua Supanggal, Buluan, Mahang Matang Landung, dan Desa Palajau serta 1 kelurahan yaitu kelurahan Barabai Utara.

Mereka para pembakal dan lurah langsung mendeklarasikan bahwa desa mereka terbebas dari kegiatan BAB sembarangan ini dan akan terus menjaga warganya untuk tidak melakukannya di sembarang tempat oleh karena itu selalu di ingatkan kepada warganya masing-masing agar bisa hidup lebih bersih dan sehat,” ujarnya.

Kegiatan ini selain dihadiri ketua TP PKK HST Hj Ernawati beserta para pejabat Pemkab HST, juga dihadiri unsure Forum Komunikasi Pipinan Daerah (FKPD), Anggota DPRD HST, Para Pembakal, Lurah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya, tak ketinggalan para kepala puskesmas se HST beserta jajaran dinas kesehatan. (adv/ary/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua