• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Belasan Perguruan Silat Ikuti Tanding Tingkat Remaja

TROPY – Diserahkan Ketua Harian IPSI Kabupaten Tabalong Drs H Yurli Haspani Alfi juara 1 kelas G putra dalam pertandingan Pencak silat tingkat remaja bertempat di Gedung Juang Kabupaten Tabalong belum lama tadi. (KP/Rosadi)
TROPY – Diserahkan Ketua Harian IPSI Kabupaten Tabalong Drs H Yurli Haspani Alfi juara 1 kelas G putra dalam pertandingan Pencak silat tingkat remaja bertempat di Gedung Juang Kabupaten Tabalong belum lama tadi. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Tabalong Ke-51 Tahun 2016, yang sekaligus untuk melihat antusiasme pesilat di Kabupaten Tabalong Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tabalong melalui Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) setempat menggelar pertandingan tingkat remaja yang diikuti sebanyak 16 perguruan.

Kegiatan yang semula bertempat di Gedung Sarabaka ini, kemudian harus pinda ke Gedung Juang karena banyaknya peserta sehingga alokasi waktu yang di sediakan untuk memakai gedung tersebut tidak mencukupi, “semula kita hanya beraanggapan bahwa alokasi waktu selama tiga hari itu mencukupi, namun karena banyaknya peserta yang mendaftarkan dirinya mengisi pertandingan tingkat remaja ini, berakibat alokasi waktu tidak mencukupi, terpaksa kita harus pindah ke Gedung Juang ini untuk melanjutkan pertandingan final yang belun terselesaikan,” ujar Sekretaris IPSI Kabupaten Tabalong Nopriansyah, saat memberikan penjelasan di acara tersebut. belum lama tadi.

“Kejuaraan silat tingkat remaja ini untuk pertama kalinya yang sangat melelahkan panitia, karena harus melaksanakan di dua tempat, sebab jumlah perserta melebihihi yang diperkirakan. Semula kita beranggapan tidak semua kelas tanding terisi, namun kenyataannya tidak demikian, sehingga alokasi waktu tidak mencukupi,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Disporabudpar Kabupaten Tabalong Tumbur P Manalu S.STP MT, saat memberikan arahan di pembukaan pertandingan silat tingkat remaja ini mengharapkan agar seluruh perserta tanding benar-benar bisa menjunjung tinggi sportivitas sehingga apa yang diharapkan, yakni mendapat bibit pesilat yang handal bisa didapatkan.

Usai kegiatan, Ketua Harian IPSI Kabupaten Tabalong Drs H Yurli Haspani, mengungkapkan tahun ini ada 16 perguruan yang ikut tanding tingkat remaja, “kita berharap kedepan atlet-atlet ini akan berkembang dengan baik dan mereka dengan banyak pengalaman bertading, diharapkan akan menjadi atlet yang handal dan mampu bersaing nantinya hingga ketingkat provinsi,” ujarnya.

“Kita juga berharap, dengan adanya pertandingan ini mereka akan terus berlatih hingga bisa menjadi ‘sang juara’ yang tentunya akan bisa mengharumkan nama Kabupaten Tabalong dan untuk seluruh perguruan yang ada khususnya di Kabupaten Tabalong ini untuk terus bekerja sama, sebab hanya dengan kerjasama itulah kita dapat meningkatkan kualitas pesilat maupun keberadaan IPSI Kabupaten Tabalong. Sehingga IPSI Kabupaten Tabalong dapat lebih baik lagi dan bisa bersaing dengan cabang-cabang olah raga lainnya,” harapnya.

Lebih lanjut, pegawai yang bertugas sebagai sekretaris di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong ini adanya dukungan dari instasi pemerintah terkait, guna mengembangkan olahraga dari cabang beladiri silat ini, “kita tentunya terus mengharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak, baik itu dari dinas pemuda dan olah raga, maupun dengan perguruan-perguruan yang ada di Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

“Untuk tahun ini, kita telah melaksanakan dua kali even pertandingan, yakni beberapa bulan sebelumnya kita telah melakukan seleksi untuk penjaringan atlet Porprov Kalimantan Selatan mewakili Kabupaten Tabalong di tingkat dewasa, dan hari ini kita melaksanakan kegiatan tingkat remaja, dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut dapat kita lihat bahwa begitu banyak atlet-atlet kita yang bisa bersaing dalam pertandingan dan mudah-mudahan pemerintah Kabupaten Tabalong dapat lebih memperhatikan IPSI ini lagi, melalui KONI Kabupaten Tabalong sehingaa IPSI dapat berkembang lagi kearah yang lebih baik, baik fasilitas maupun sarana-sarana olah raga yang dibutuhkan oleh pencak silat lainhya, dan mudah-mudahan perhatian pemerintah ini hingga ketingkat perguruan yang ada di Kabupaten Tabalong ini,” demikian pungkas Yurli Haspani.

Sementara itu, Hendro salahsatu anggota perguruan Persatuan Pencak Silat Nasional (Persinas) Asad Kabupaten Tabalong berharap agar IPSI Kabupaten Tabalong sering mengadalan pertandingan, sehingga dapat menimbulkan kesemangatan bagi calon atlit, juga dapat menjadikan generasi yang kuat, baik pertahanan diri sendiri, sehat dan dapat memiliki keperibadian yang baik, sebab dengan adanya banyak pertandingan yang sportif maka akan terjalin silaturrahmi antar berguruan yang bersifat positif dan membangun. (ros/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua