• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Bencana Harus Diatasi Secara Sistematis

Guru Khalil ketika membuka Bimtek Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna). (KP/Iwan)
Guru Khalil ketika membuka Bimtek Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna). (KP/Iwan)

Martapura, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) di Fave Hotel Banjarbaru, kemarin.

Kegiatan yang dibuka Bupati KH Khalilurrahman ini menghadirkan narasumber Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Menurut Kepala BPBD Banjar Noor Sunarto, kegiatan guna merumuskan rencana kedepan agar kinerja BPBD semakin berfaedah bagi masyarakat.

“Bimtek ini memberi solusi bagaimana teknis penyusunan rencana kontijensi penanggulangan bencana, sekaligus menyiapkan rencana sumber keuangan dan langkah daruratnya bila terjadi bencana,” jelas Sunarto.

Dalam sambutannya Bupati Khalillurrahman mengatakan pentingnya bimbingan secara  teknis dan perencanaan kontijensi agar dalam penanganan bencana bisa diatasi secara sistematis oleh semua unsur, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Sistematis ini termasuk menyiapkan anggaran dan personil–personilnya,” ungkap Bupati.

Menurutnya, semua harus berjalan sinergi antar SKPD dan masyarakat. Apabila bencana terjadi di awal tahun, maka harus ada kesiapan dana yang dapat mengcover semua biaya yang harus dikeluarkan. (wan/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua