• Hari ini : Senin, 23 April 2018

Berdampingan dengan Rakyat adalah Ciri TNI

Bupati Tabalong bersama Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, Dandim, Ketua DPRD Tabalong, Kapolres, Kajari usai penyerahan penghargaan.
Bupati Tabalong bersama Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, Dandim, Ketua DPRD Tabalong, Kapolres, Kajari usai penyerahan penghargaan.

Tanjung, KP – Selalu berusaha hidup berdampingan dengan rakyat, adalah ciri Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk itu TNI dimanapun berada agar selalu dekat dengan masyarakat dalam Negara yang berdaulat, mandiri dan Berkepribadian.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat membacakan amanat panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Upacara HUT TNI ke 71 digelar di Kabupaten Tabalong bertempat di halaman Pendopo Bersinar belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Anang, makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat.

“Inilah esensi ciri kesejatian TNI, yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis,” ujarnya.

“Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebut Anang.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, ujarnya merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta dalam bela negara.

“Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan (CENTRE OF GRAFITY) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas,” sebutnya.

“Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia, seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir bandang dan longsor seperti yang menimpa masyarakat di Garut dan Sumedang Jawa Barat, serta yang masih melekat di ingatan kita adalah keberhasilan TNI melaksanakan Operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksiterorisme,” jelas Anang.

Dalam amanat Panglima TNI yang disampaikan inspektur upacara Bupati Tabalong tersebut berisi pesan agar TNI selalu dekat dengan rakyat, sesuai dengan tema yang diangkat pada peringatan HUT TNI ke-71 ini masih sama dengan tema tahun lalu yaitu ‘Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian’.

Upacara HUT TNI ini juga dirangkaikan penyerahan piala oleh Dandim 108/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna kepada para pemenang lomba seni yakni lomba baca puisi, lomba cerita kepahlawanan, lomba PBB dan lomba paduan suara yang diadakan oleh Kodim 108/ Tanjung.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anang Syakhfiani juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Dandim 108/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna atas partisipasinya terhadap pembangunan insfrastruktur dalam rangka membuat akses didaerah terisolir, juga membantu ketahanan pangan bagi pertanian di Tabalong.

Juga penghargaan kepada Kapolres Tabalong AKBP Zuhdi Batubara atas terwujudnya tertib lalu lintas di Kabupaten Tabalong. Sehingga berbuah penghargaan WTN pada 2016.

Dan juga penghargaan Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong Tri Sujoko atas terwujudnya penyadaran hukum dikalangan aparatur dan masyarakat. Sehingga kabupaten Tabalong sukses meraih penilaian opini tertinggi dari BPK RI, yakni WTP.

“Penghargaan yang diberikan bertepatan pada HUT TNI ke-71 ini sebagai ucapan terima kasih dari Pemkab Tabalong atas partisipasi pak Dandim, Kapolres dan Kejari terhadap kiprahnya bersama-sama dalam membangun daerah yang sama-sama dicintai ini,” demikian sebut Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani. (ros/hms/K-6)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua