Berjuang dengan Lumpur Beri Pelayanan Kesehatan

ditulis pada 11 Oktober 2017

Tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu, berjuang di lumpur setelah terjebak saat menuju Desa Baronang untuk memberikan pelayan kesehatan gratis, Senin(9/10).

Kuala Kapuas, KP – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas gencar melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa terpencil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi mengatakan, untuk menjalankan amat Bupati Ben Brahim S Bahat dan demi menjamin kesehatan masyarakat desa terpencil, tim medis tetap semangat walau harus melaui medan yang sulit dengan kondisi jalan berlumpur. Seperti yang dialami saat berkunjung ke Desa Baronang, Kecamatan Kapuas Hulu.

Setelah dari Desa Baronang, tim akan melanjutkan pelayanan ke Kecamatan Pasak Talawang dan terakhir nanti di Kecamatan Mantangai.

“Tim kesehatan kami terus bergerak, memberikan pelayalanan kesehatan kepada masyarakat di desa terpencil meski kondisi jalan berlumpur akibat cuaca hujan,’’ kata Apendi, Selasa (10/10).

Ia menegaskan, saat ini tidak ada lagi yang namanya petugas kesehatan berada di kantor.

Semua harus berkerja, turun ke lapangan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sekarang ini tidak perlu lagi pegawai kesehatan di kantor, harus lebih banyak di lapangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,’’ ungkapnya.

Pelayanan kesehatan, katanya, dibutuhkan untuk mewujudkan keluarga sehat di daerah terpencil.

Khusus untuk program ini, tim kabupaten dibantu petugas dari puskesmas.

“Pelayanan kesehatan ini gratis tidak dipungut biaya dari masyarakat dan pelayanan kesehatan ini bergerak terus agar masyarakat merasakan pelayanan kesehatan dari pemerintah,’’ ujarnya Apendi berharap, pelayanan kesehatan bergerak bisa lebih efektif.

Sebab petugas terjun lagsung ke lapangan.

Dengan cara itu, petugas kesehatan bisa mendeteksi kejadian atau ganguan kesehatan di masyarakat. Sehingga tidak sampai muncul kejadian baru bertindak.

“Harapan kita masyarakat lebih meningkat kesehatan mereka dan petugas kesehatan bekerja jangan hanya di dalam gedung puskemas tapi keluar. Sehingga program Kapuas sehat dapat tercapai melalui pendekatan kearifan lokal atau Gerakan Mambangun Belum Barasih Barigas,’’ ucapnya. (net/K-2)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.