BPBD Gelar Kegiatan Sekolah Aman Bencana

ditulis pada 29 Agustus 2017

BPBD gelar Workshop Sekolah Aman Bencana di SMPN 2 Tumbang Nusa, Tampak Bupati Pulpis H. Edy Pratowo sedang menyampaikan sambutannya.

Pulang Pisau, KP – Sekolah yang aman dari bencana adalah dambaan setiap orang tua, sebagian besar waktu pelajar berada disekolah untuk belajar dan beraktifitas, melindungi mereka adalah sebuah kewajiban bagi semua pihak dan salah satunya adalah perlindungan terhadap bencana.

Sehingga perlu dilakukan upaya pengurangan resiko dengan berbagai pendekatan secara partisipasif dengan melibatkan berbagai pihak baik secara eksternal maupun internal secara sistematis dengan harapan terbangunnya kerjasama dan kesadaran siswa dalam keikutsertaannya terhadap penanggulangan bencana khususnya dilingkungan sekolah.

“Mengetahui tentang ancaman bencana yang ada dilingkungtan sekolah dan bertindak disaat terjadi bencana/kedaruratan adalah hak semua warga sekolah, oleh karena itu, hari ini kita melaksanakan kegiatan sekolah aman bencana,’’ hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Tekson, Senin (28/8) di Aula SMPN 1 Tumbang Nusa.

Dikatakan Tekson, tujuan dari kegiatan sekolah aman bencana ini sebagai bentuk partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui BPBD Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan melaksanakan pengenalan tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat, termasuk diantaranya pihak sekolah, siswa dan stockholder sekolah juga terbangunya kesadaran kepada semua pihak khususnya pihak sekolah akan pentingnya partisipasi terhadap upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta serangkaian upaya pengurangan resiko bencana dengan peningkatan pengetahuan siswa agar mempunyai pangilan kemanusiaan dan kemandirian serta kemampuan dalam menghadapi bencana khususnya di lingkungan sekolah,’’ ujarnya. (sgt/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.