BPBD Siap Pantau Posko Banjir di Tiga Kecamatan

ditulis pada 19 Juli 2017

Kepala BPBD Icing SE, melakukan cek kesehatan (tensi darah) di Posko Banjir BPBD Katingan di Kasongan.

Kasongan, KP – Banjir yang melanda tumbang hiran Kecanatan Marikit, tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah dan Tumbang Kaman Kecamatan Sanaman Mentikei diutara Katingan sudah berangsur surut, namun saat ini banjir kiriman dari Utara sudah sampai di Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing dan Katingan Hilir.

“Kondisi air banjir dibeberapan kecamaran di utara Katingan sudaj berangsur surut, sekarang banjir melanda wilayah tengah, yakni Kecamatan, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing dan Ibukota Kabupaten Katingan Kasongan Kecamatan Katingan hilir,’’ kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Icing SE, kepada wartawan, Selasa (18/7).

Disanpaikannya, saat ini pihaknya telah membuat posko banjir gabungan seluruh stake holder di kantor BPBD Katingan, serta posko di tiap kecamatan yang disiapkan oleh pihak Kecamatan.

“Kondisi tanggap darurat kita selama 14 hari terhitung sejak tabggal 16 kemarin,’’ ucapnya.

Diakuinya, kondisi banjir di Katingan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa, selain itu akibat banjir ini sebagian aktifitas masyarakat lumpuh, dan beberapa sekolah dasar (SD) dibeberapa kecamatan yang terendam banjir terpaksa diliburkan.

“Saat ini kondisi masih aman dan terkendali, dan kami akan selalu memantau kondisi banjir dilapangan,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga akan memantau kondisi banjir di tiga kecamatan yakni Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing dan Katingan Hilir, selain itu BPBD juga menghimbau agar warga desa yang tinggal di tiga kecamatan di Selatan Katingan, seperti Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang dan Mendawai, agar bersiap siap banjir kiriman akan melanda daerah selatan.

“Saya himbau agar masyarakat lebih waspada terhadap kondisi alam ini,’’ timpalnya. (Isn/ K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.