BRI Berikan Kemudahan UKM Dapat Fasilitas Pembiayan

ditulis pada 31 Desember 2015

BANJARMASIN, KP – BRI Wilayah Kalimantan  bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin menyalurkan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dengan tahap pertama menyerahkan 450  Kartu Akses Pelaku Menengah Kecil.

“Penerbitan Kartu IUMK untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam membangun dan mengembangkan usahanya.  Bahkan para PUMK akan mendapatkan pendampingan untuk usaha baru, mendapatkan akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank,’’ungkap Kanwil BRI Banjarmasin Ngatari saat peluncuran Kartu Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK), di  Aula Kayuh Baimbai Banjarmasin, Selasa (29/12).

Dihadapan ratusan IUMK dan para undangan, Ngatari mengatakan  saat ini BRI untuk wilayah Banjarmasin sudah menyalurkan Rp85 Miliar dan untuk wilayah Kalimantan sudah menyalurkan kredit  Rp850 Miliar untuk wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Penyaluran kredit ini sebagai  langkah untuk memberikan kemudahan bagi PUMK dalam memperoleh pembiayaan dari perbankan. Dengan teknologi yang dimiliki BRI saat ini, Pihaknya yakin mampu menjawab tantangan pemerintah memberikan kemudahan dalam fasilitas pembiayaan transparan dan mudah diakses PUMK.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Banjarmasin Drs H Prio Eko mengatakan sebenarnya pelaku usaha di Kota Banjarmasin sekitar 36 ribu yang resmi terdaftar, tetapi yang sudah mendapatkan  kartu akses IUMK  baru 405 sehingga diperlukan kerja keras untu bisa mencakup dan memeratakan modal usaha dengan bunga ringan yang disalurkan Pemerintah melalui BRI.

Sedangkan syarat-syarat untuk bisa mendapatkan kartu askes IUMK diantaranya memiliki usaha serta mengurus legalitas usaha ke kantor kecamatan. Setelah naskah pengganti surat izin usaha perdagangan (SIUP) keluar, kemudian BRI akan mencetak kartu tersebut. Pelaku usaha juga akan dibukakan rekening tanpa biaya administrasi dengan saldo nol rupiah.

Diharapkan untuk bisa meningkatkan UKM, para pengusaha besar seperti toko modern yang ada di Banjarmasin diharapkan bisa bekerjasam untuk  dengan UKM lokal, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan usaha kecil. Dengan harapan pelaku usaha yang telah mendapat izin bisa lebih berkembang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Drs H Bambang Supriadi mengingatkan bagi pengusaha yang telah menerima kredit Ijin Usaha Menengah dan Kecil  dengan biaya murah diharapkan bisa  mensejahterakan masyarakat agar pertumbuhan ekonomi semakin meningkat.

Ia juga mengharapkan izin usaha ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk lebih mengembangan usaha yang produkstif jangan sampai konsuntif. Karena dana tersebut harus benar-benar bisa meningkatkan usaha.

Penjabat Walikota Banjarmasin Drs HM Thamrin, mengapriasiasi usaha BRI yang telah bekerja keras dengan Pemko Banjarmasin dalam melakukan  penertiban izin usaha mikro di Banjarmasin.  Untuk itu yang terpenting juga dilakukan pembinaan dan  agar izin usaha kecil yang diberikan membantu permodalan dan kelancaran  fasilitasi izin usaha mikro di Banjarmasin.(vin/K-7)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.