• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Buah Semangka Tala ‘Banjiri’ Surabaya

KIRIMAN SEMANGKA - Kiriman dari Banjarmasin mendominasi menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berupa buah semangka dan jeruk sejak awal Agustus, begitu juga kiriman barang sembako dan konveksi lainnya meningkat tajam setiap harinya. (Nets)
KIRIMAN SEMANGKA – Kiriman dari Banjarmasin mendominasi menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berupa buah semangka dan jeruk sejak awal Agustus, begitu juga kiriman barang sembako dan konveksi lainnya meningkat tajam setiap harinya. (Nets)

BANJARMASIN, KP – Buah semangka asal Tanah Laut kini mendominasi kiriman lewat laut dengan tujuan Surabaya.
Dari pantauan wartawan dilapangan Minggu siang (4/9) KM Kumala dan KM Kirana yang akan berangkat ke Surabaya angkutan truk yang masuk kelambungt kapal didominasi truk fuso besar dengan bawaan semangka Pelaihari Kabuaten Tanah Laut (Tala) dan jeruk Madang Barito Kuala (Batola).

Karjo sopir truk asal Jembatan Merah Surabaya kepada wartawan menjelaskan, sejak memasuki awal bulan Agustus dominasi angkutan truk teman-teman dari Banjarmasin tujuan Surabaya hampir semuanya membawa buah semangka serta jeruk Madang.

Orang Pulau Jawa suka semangka dan jeruk disini, kata Karyo, sebab  memiliki ciri khas tersendiri yaitu manisnya alami, sehingga order agen buah asal Surabaya selalu meminta dikirimi buah ini.
Setiap harinya ada sekitar 8 hingga 10 truk mengangkut buah, sebelumnya yang hanya angkut kebanyakan barang besi tua rongsokan atau kayu olahan.
“ Angkutan buah ini diprioritaskan pihak KSOP Kelas I Banjarmasin dan Pelindo untuk segera cepat terangkut sehingga beberapa pekan ini area pelabuhan banyak penumpukan armada truk fuso yang tidak bisa terangkut ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kapal terbatas,” lanjut bapak 3 anak ini.

“Angkutan buah ini biasanya berlangsung tidak lama hanya saat musim buah saja seperti buah semangka, jeruk dan ikan asin asal Kotabaru ini, sedangkan kiriman dari Pulau Jawa masih didominasi barang konveksi jelang lebaran dan barang material bangunan peroyek pemerintah dan BUMN,” tambah Bagus sopir asal Semarang.

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi yang ditemui di Pelabuhan Trisakti memantau arus bongkar dan muat truk kepada wartawan menjelaskan, sepekan jelan lebaran Qurban memang telah terjadi kiriman barang sembako dan konveksi naik hingga mencapai 80 persenan.

Namun kiriman dari Banjarmasin ke Surabaya yang biasa sepi angkutan sekarang justru terjadi sebaliknya kiriman naik terutama buah semangka, jeruk dan ikan asin asal Kotabaru.

“ Alhamdulillah lancarnya kiriman buah semangka, jeruk, barang sembako dan konveksi lainnya jelang lebaran ini karena didukung oleh kondisi gelombang Laut Jawa yang sangat stabil dan bersahabat hanya sekitar 1,5 dan 2 meter saja,” jelas Anton.

Selain angkutan sembako yang meningkat namun angkutan penumpang saat ini terjadi malah sebaliknya hari ini saja hanya sekitar 50 penumpang yang menuju Pulau Jawa beda jikalau pada lebaran Idul Fitri yang naik hingga 200 persenan.

Sementara, Ketua Unit usaha Pengarah Jasa Tenaga Bongkar Muat Kalsel, Pelabuhan Martapura Lama H Gaffar, kepada wartawan mengungkapkan, memang saat ini kiriman barang material alat rumah tangga khususnya alat dapur meningkat tajam dari biasanya.

“Kami bersyukur jelang lebaran Qorban tahun ini pekerjanya lebih banyak bekerja karena banyaknya armada kapal yang masuk di kawasan Pelabuhan Martapura Baru melakukan bongkar,’’bweber H Gafar. (hif/K-7)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua