• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Bupati Bertekad Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

SERAHKAN SERTIFIKAT ASI - Bupati KH Khalillurahman menyerahkan Sertifikat ASI Ekslusif kepada 10 orang ibu menyusui atas perannya sebagai Bunda ASI Ekslusif yang memberikan ASI 6 bulan pertama. (Istimewa)
SERAHKAN SERTIFIKAT ASI – Bupati KH Khalillurahman menyerahkan Sertifikat ASI Ekslusif kepada 10 orang ibu menyusui atas perannya sebagai Bunda ASI Ekslusif yang memberikan ASI 6 bulan pertama. (Istimewa)

Martapura, KP – Dengan jumlah penduduk mencapai 564.207 jiwa, Pemkab Banjar terus berupaya meningkatkan pelayanan bidang kesehatan secara cepat dan maksimal, terutama kepada ibu hamil.

“Kami bertekad menekan angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi (AKB) serta menurunkan perivalensi gizi buruk dan juga meningkatkan Umur Harapan Hidup (UHH) pada masyarakat,’’ tandas Bupati KH Khalillurahman saat membuka sosialiasi kelas ibu hamil, termasuk senam ibu hamil, lomba menu makan sehat dan berimbang ibu hamil serta memberikan sertifikat ASI ekslusif yang digagas Puskesmas Martapura Kota, Kamis (4/8, di Aula Kantor Camat Martapura Kota.

Guru Khalil bertekad menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi, hindari persalinan dengan dukun beranak dan percayakanlah kepada dokter atau bidan yang sudah terlatih.

“Karena di Kabupaten Banjar sudah memiliki 480 orang bidan terlatih dan jumlah Puskesmas mencapai 130 buah,’’ tandasnya.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan pembacaaan Deklasari Ibu Hamil oleh peserta yang berjumlah 156 ibu hamil dan 23 ibu menyusui serta penandatangan Deklasari Ibu Hamil oleh Bupati Khalillurahman, Ketua TP PKK Hj Raudhatul Wardiyah, Kadinkes Ikhwansyah, Camat Martapura Kota Abdul Razak, Kepala Puskesmas Martapura 1 Dedi Kurniadi, Kapolsek Martapura Kota Amelia dan Babinsa Martapura sebagai upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu/anak di Kabupaten Banjar.

Diserahkan pula bantuan untuk persalinan oleh Kadinkes Ikhwansayah kepada Kepala Puskesmas Martapura 1 Dedi Kurniadi yang kemudian diserahkan kepada Koordinator Bidan Hj Gunawati. (wan/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua