Bupati Hadiri Perayaan Dharma Shanty Nyepi

ditulis pada 10 Mei 2017

a kt

Kasongan, KP – Bupati Katingan, H.Ahmad Yantenglie SE, menghadiri perayaan dharma shanty nyepi tahun baru saka 1939 tingkat Kabupaten Katingan, Senin (8/5) diaula Salawah Pemkab Katingan.

“Nyepi sangat penting bangi umat hindu kaharingan di Katingan, karena merupakan rekontruksi apa yang dilakukan saat ini dan akan dating,’’ kata Bupati Tenglie dalam pidatonya.

Selain itu, menurutnya perayaan nyepi juga Mengajarkan bagaimana menghargai sebuah perbedaan, karena yang menciptakan perbedaan itu aealah tuhan yang maha kuasa yang layak dipuji dan disembah.

“Perdaan itu punya arti dan makna yang positif dan negatif tinggal bagaimana memandangnya dari sudut pandang mana,’’ sebutnya.
Lanjut Bupati, sebagai umat beragama hendaknya menghargai sebuah perbedaan, karena perbedaan itu merupakan ciptaan tuhan.” Safari dharma santy ini saya lakukan semenjak saya menjadi Bupati Katingan, dimana umat hindu kaharingan cukup banyak dikatingan” sebutnya.

Lebih jauh dikatakannya, safari dharma santy memang sama seperti safari ramadhan pada bulan puasa bagi umat islam, dan safari natal bagi umat kristiani. “Kita berharap mudah mudahan Katingan mendapat penghargaan atas toleransi umat beragama secara nasional,’’ harapnya.

Untuk itu, disampaikannya pembinaan umat hindu kaharingan sangat perlu, kemudian umat hindu kaharingan agar mampu mengembangkan diri dengan sentuhan dari pemerintah sehingga dimasa yang akan datang dapat lebih baik lagi.

“Pada tahun ini kita juga telah membantu pembangunan rumah ibadah bagi umat hindu kaharingan, dimana bantuan sosial sebelumnya berbentuk uang tunai, namun saat ini berbentuk bangunan fisik rumah ibadah,’’ timpalnya (Isn/ K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.