• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Bupati Harus Dukung Terlaksananya TEF

FESTIVAL BUDAYA. (KP/Net)
FESTIVAL BUDAYA. (KP/Net)

Tanjung, KP – Dinilai dapat memberikan pengenalan terhadap daerah lain bahkan dapat dijadikan promosi bagi potensi Kabupaten Tabalong, kegiatan Tabalong Etnik Festival (TEF) harus mendapat dari dukungan dari pimpinan daerah yakni bupati.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat menghadiri kegiatan diskusi tentang persiapan TEF VI tahun 2017 yang rencananya diselenggarakan Bulan April 2017 mendatang belum lama di Gedung Pusat Informasi Tabalong di Tanjung.

Tidak hanya Bupati Tabalong, dalam kegiatan yang di gagas oleh  perkumpulan pusaka tabalong tersebut juga dihadiri,  oleh  sejumlah seniman senior Kabupaten Tabalong yang turut membahas tentang perencanaan kegiatan ‘akbar’ tersebut.

Dalam acara hari itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, berharap dapat memberikan arahan dan masukan terkait dengan TEF VI 2017. “TEF merupakan sebuah karya yang besar dari anak anak muda dan di dukung oleh para seniman senior,” ujarnya.

“Melihat dari sisi tersebut, siapa pun bupatinya harus mendukung kegiatan ini. Pasalnya kagiatan ini dapat mempromosikan sekaligus mengenalkan kepada masyarakat luar mengenai khas yang di Kabupaten Tabalong,” sebut Anang.

Oleh sebab itu, lanjut Anang, TEF VI 2017 harus lebih disempurnakan lagi. “kita tidak boleh puas dengan capaian TEF 4 dan TEF 5 yang pernah kita selenggarakan dulu,” pintanya.

“Sebagai pemerintah daerah saya sangat mengapresiasi kepada perkumpulan pusaka yang terus membuka diri dalam penyelenggaran event tahunan ini,” ungkap Anang.

Lebih lanjut, Bupati Tabalong ini menyampaikan bahwa hendaknya TEF dapat dijadikan sebagai kalender daerah, “TEF mesti kita jadikan sebagai kalender daerah, bukan sekedar pusaka. Kendati TEF ini selain ajang promosi juga ajang menumbuhkan kreasi kreasi bakat pemuda Tabalong,” ujarnya.

“Apabila dipandang perlu, Pemkab tabalong akan menfasilitasi paparan di kementrian pariwisata terkait dengan TEF yang akan dilaksanakan April mendatang dengan harapan lebih spektakuler dan mendapat sambutan positif dari pengunjung yang menyaksikan,” sebut Anang.

Diakhir paparannya hari itu, orang nomor satu di Kabupaten Tabalong ini berjanji, melalui pemerintahan daerah akan turut mendukung kegiatan ini, baik secara penuh agar kegiatan tersebut bisa lebih besar lagi dan dapat mendatangkan pengunjung lang lebih banyak, “beberapa minggu sebelum  pelaksanaan TEF diselenggarakan, kami akan melakukan iklan di tv-tv serta di media elektronik maupun media cetak dengan maksud supaya pendatang lebih mempersiapkan lagi untuk menyaksikan TEF VI 2017,” demikian pungkas Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dihadapan sejumlah pelaku seni yang hadir saat itu.

Terpisah, Mardie Bike salah saorang pelaku seniman senior yang ada di Kabupaten Tabalong mengungkapkan bahwa kegiatan TEF yang dilakukan oleh sejumlah pelaku seni ini memang pantas di dukung oleh masyarakat Kabupaten Tabalong terlebih Pemerintah Kabupaten Tabalong karena ini adalah maha karya yang di gagas oleh putra-putri Kabupaten Tabalong untuk memajukan kabupaten paling ujung Kalsel ini ke public, terutama melalui budayanya yang begitu banyak dan patut untuk dilestarikan. “tidak hanya di tingkat antar daerah, provinsi, nasional bahkan ketingkat internasional, gaung budaya dan keanekaragaman yang ada di Kabupaten Tabalong melalui TEF ini bisa terekspose dan terangkat kepermukaan,” ujarnya hari itu. (ros/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua