Bupati HST Pengusaha Galian C Diminta Bentuk Asosiasi 

ditulis pada 3 Juli 2017
WABUP HST - H A Chairansyah, Bupati HST H Abdul Latif Ketua DPRD HST H Saban Effendi Perwakilan Kalsel Saat Pertemuan Pengusaha Galian C.

WABUP HST – H A Chairansyah, Bupati HST H Abdul Latif Ketua DPRD HST H Saban Effendi Perwakilan Kalsel Saat Pertemuan Pengusaha Galian C.

Barabai, KP – Para pengusaha pertambangan rakyat mineral bukan logam dan batuan (Galian C) diminta Bupati HST H Abdul Latif meminta agar membentuk asosiasi agar adanya kekompakan dan kebersamaan.

Hal tersebut disampaikannya saat acara silaturahmi dan sosialisasi pajak daerah untuk para pengusaha Galian C berapa hari lalu, bertempat di Pendopo Pemkab HST.

Menurut Bupati dengan adanya Asosiasi setiap permasalahan terkait pertambangan dapat diselesaikan secara bersama-sama dan bisa saling mendukung untuk mempermudah berkoordinasi.

“Kami minta agar para pengusaha nantinya sesegera mungkin untuk berkumpul atau sekaligus buka puasa bersama untuk membentuk asosiasi, silahkan dimusyawarahkan siapa yang menjadi ketua setelah itu kalau sudah ada kepengurusan agar membuat Akta Notaris agar mempunyai payung hukum,” katanya.

Selama ini menurutnya para pengusaha terkesan bersaing masalah harga pasir, saling banting harga padahal itu justru merugikan para pengusaha. Oleh sebab itu melalui Asosiasi ini Latif berharap ada keseragaman harga yang telah disepakati.

“Terkait prosedur pemberian izin tambang di suatu daerah yang sekarang menjadi kewenangan dari Pemerintah  Provinsi, kami dari Pemerintah Daerah akan membantu dan mengawal pengurusannya melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD),” Katanya.

Kepala BPPRD Syahruli sebelumnya juga menyampaikan tujuan kegiatan ini juga bertujuan memberikan informasi sekaligus membangun kesamaan visi dan persepsi kepada para pengusaha terkait wajib pajak dan juga memberikan informasi terkait perijinan pertambangan.

“Pada kesempatan ini kami mengundang 50 orang pengusaha Galian C yang ada di Kabupaten HST dengan pemateri dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalsel dan dan Dinas Energi dan Sumberdaya mineral Provinsi Kalsel,” katanya. (adv/ary/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.