• Hari ini : Kamis, 26 April 2018

Bupati Ikuti Pertemuan PBB

PERTEMUAN PBB - Bupati H Ahmad Yantenglie didampingi Kepala BLH Hap Baperdo (kiri) dan Kepala Bappeda Katingan Wim Ngantung foto bersama sebelum menghadiri pertemuan PBB terkait perumahan dan pembangunan perkotaan berkelanjutan di Kota Surabaya Jatim, Selasa (26/7). (KP/Isnaeni)
PERTEMUAN PBB – Bupati H Ahmad Yantenglie didampingi Kepala BLH Hap Baperdo (kiri) dan Kepala Bappeda Katingan Wim Ngantung foto bersama sebelum menghadiri pertemuan PBB terkait perumahan dan pembangunan perkotaan berkelanjutan di Kota Surabaya Jatim, Selasa (26/7). (KP/Isnaeni)

Kasongan, KP  – Komitmen Bupati H Ahmad Yantenglie terkait isu lingkungan yang digelorakannya selama ini nampaknya kian serius. Bahkan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei itu rela menjadi peserta seminar dalam pertemuan PBB terkait perumahan dan pembangunan perkotaan berkelanjutan bersama 193 negara, lembaga swadaya masyarakat dan pemangku kepentingan di Indonesia itu.

Pertemuan di Kota Surabaya Jawa Timur (Jatim) yang dibuka pada 25 sampai 27 Juli itu bakal membahas dokumen yang telah disusun dalam pertemuan sebelumnya untuk menjadi dokumen final pembahasan agenda baru perkotaan yang akan digelar dalam Habitat III di Quito, Ekuador mendatang.

Informasinya, hasil pada pertemuan di Surabaya itu bakal menjadi agenda perkotaan baru yang akan berlaku selama 20 tahun ke depan di negara-negara dibawah payung PBB.

Konferensi perumahan dan pembangunan perkotaan berkelanjutan yang dikenal sebagai Habitat ke III, merupakan ajang pertemuan 20 tahun sekali yang digelar sejak 1976 di Vancouver, Kanada. Konferensi kedua digelar tahun 1996 di Istanbul, Turki.

Perhelatan itu merupakan agenda internasional yang fokus pada isu pembangunan perkotaan dan permukiman berkelanjutan yang nantinya akan dapat diterapkan di seluruh dunia.

“Selain mengikuti konferensi habitat III, pak bupati juga menghadiri kegiatan seminar publik yang berkaitan dengan perkembangan pembangunan perkotaan dan perumahan, serta pengembangan daerah dan wujud perkembangannya,’’ jelas Kasubag Pemberitaan dan Pers Setda Katingan Sholehudin kepada KP, Senin (26/7).

Rakaian kegiatan Internasional PBB itu sudah berlangsung sejak tanggal 21 dan ditutup pada 28 Juli mendatang. Rencananya acara puncak konferensi PBB itu bakal dibuka wakil Presidan RI Yusuf Kalla di Grand City Convention Hall Surabaya. (Isn/ K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua