• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Bupati Kapuas Tantang Perbankan Bangun Ruang Terbuka Hijau

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, melakukan peletakan batu pertama dan penanaman secara simbolis pohon.(KP/ist)
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, melakukan peletakan batu pertama dan penanaman secara simbolis pohon.(KP/ist)

KUALA KAPUAS, KP – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, tantang para pengusaha termasuk Perbankan di daerah setempat, untuk membangun ruang terbuka hijau di daerah wilayah Kabupaten Kapuas. Karena kata orang nomor satu di Kapuas ini, masih banyak tanah kosong milik Pemerintah Daerah yang dapat dibangun ruang terbuka hijau.

“Saya tantang kepada para pengusaha lainnya termasuk Perbankan. Saya harapkan ke depan ada yang namanya Taman Bank Mandiri, Taman Bank Kalteng, Taman Bank Syariah dan lain-lain begitu juga dengan perusahaan lainnya. Ruang Terbuka Hijau idealnya secara teknis 30 persen dari luasan kota harus kita siapkan,’’ kata Ben Brahim, dalam sambutannya pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (Taman Kota) yaitu Taman ASKARI (Asmin Kapuas Lestari) oleh PT Asmin Bara Bronang di lahan sekitar Bundaran Besar Kuala Kapuas, kemarin.

Lebih lanjut mantan Kadis PU Provinsi Kalteng ini mengatakan, kedepan baik Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kapuas dapat melakukan pembangunan dengan kebersamaan. Dengan komitmen yang dilakukan oleh PT Asmin Bara Bronang maka ia atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Dengan adanya taman kota yang akan segera dibangun tersebut, ia berharap pula dapat menambah semangat terutama anak-anak muda dapat menikmatinya karena akan dibangun Rumah Pintar yang tidak hanya menyediakan buku pelajaran tetapi pengetahuan umum untuk menambah pengetahuan anak-anak akan perkembangan dunia.

“Saya tegaskan kepada semua Kepala SKPD agar jangan berefleksi saat jam kerja karena dikatakan di taman ini akan dibangun Taman Pijat Refleksi. Dan pesan saya mari kita pelihara dan jaga taman ini dengan baik,’’ pintanya.

Sebelumnya, dilaksanakan pula Acara Adat Potong Pantan dan Tarian Daerah dari Sanggar Riak Nyalong Kabupaten Kapuas menyambut kedatangan Direktur Teknik PT Asmin Bara Bronang BJ Basuki beserta jajaran.

Berdasarkan Laporan dari Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH, tujuan dilaksanakannya peletakan batu pertama taman kota tersebut sebagai tanda dimulainya secara resmi pelaksanaan pembangunan fisik Ruang Terbuka Hijau (Taman Kota) Kuala Kapuas oleh PT Asmin Bara Bronang.

Selain itu, tambah dia, sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan bentuk komitmen dari perusahaan pertambangan PT Asmin Bara Bronang dalam mengharmonisasikan dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dengan program pembangunan daerah Kabupaten Kapuas serta mendukung percepatan pembangunan daerah.

Ditempat yang sama, Direktur Tekni PT Asmin Bara Bronang BJ Basuki dalam sambutannya mengungkapkan, konsep yang menjadi dasar desain Taman ASKARI yaitu sebagai komitmen tanggungjawab sosial perusahaan, sebagai tempat komunikasi dan interaksi sosial, sebagai tempat sarana bermain/belajar/rekreasi/olahraga, sebagai tempat seni budaya lokal dan sebagai Landmark atau lambing sebuah kota.

Basuki menjelaskan, Taman ASKARI menyusun tema taman yang iconic dan mengangkat seni budaya lokal sebagai Ruang Terbuka Hijau yang mencerminkan keindahan dan memberikan manfaat positif salah satunya sebagai sarana edukatif, karena dalam taman tersebut perusahaan akan membuat satu bangunan Rumah Pintar sebagai wujud kepedulian terhadap minat baca dan pendidikan.

Di samping itu, lanjut dia, Rumah Pintar akan dilengkapi dengan sarana multimedia untuk mendorong pengetahuan teknologi informasi bagi generasi muda di Kabupaten Kapuas. Kemudian, tambahnya, akan dibangun taman bermain anak dengan fasilitas bermain outdoor bagi anak-anak dan untuk melengkapi taman dibangun pula fasilitas kesehatan yaitu Jogging Track dan Taman Pijat Refleksi dari Batu Pebble.

“Harapan kami dengan dibangunannya Taman Kota ini dapat menjadi suatu aset dan Icon bagi Kabupaten Kapuas. Untuk itu kami mohon dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas agar bersama-sama kita berperan aktif memperlancar pembangunan taman ini,’’ tandasnya.(Al/K-8)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua