• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Bupati Kunjungi Korban Kebakaran di Mandarahan

BUPATI TAPIN - HM Arifin Arpan saat mengunjungi korban kebakaran di Jalan Pahlawan Mandarahan kelurahan Rantau Kanan dan sekaligus menyerahkan bantuan. (KP/Ist)
BUPATI TAPIN – HM Arifin Arpan saat mengunjungi korban kebakaran di Jalan Pahlawan Mandarahan kelurahan Rantau Kanan dan sekaligus menyerahkan bantuan. (KP/Ist)

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs. HM Arifin Arpan, MM kunjungi korban kebakaran di Mandarahan Jalan Pahlawankelurahan Rantau Kanan RT. 02 kecamatan Tapin Utara kabupaten Tapin.

Dalam kesempatan itu pula bupati Tapin menyerahkan bantuan sandang pangan kepada korban kebakaran, saat menyerahkan bantuan tersebut juga didampingi kepala Badan Nasional Penanggulan Bencanan kabupaten Tapin Ir H Nordin, Ms dan Kepala Dinas Sosial kabupaten Tapin Drs H Samsuni MAP serta camatan Tapin Utara HM. Thamberin SSos dan Lurah Rantau Kanan Muhammad Junaidi SSos.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan minta kepada warga yang terkena musibah kebakaran agar dapat bersabar dan tabah menghadapi cobaan ini, dan berharap kepada semua warga masyarakat di daerah ini agar lebih waspada lagi dan berhati-hati terhadap bahaya kebakaran.

“ Walaupun dimusim hujan bahaya kebakaran selalu mengancam kita semua karena itu kita harus waspada dan hati-hati,” ungkap bupati Tapin saat mengunjungi dan sekaligus menerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran Senin (31/10) kemarin.

“Kami hari ini (kemaren red) datang menyerahkan bantuan sebagai bentukbentuk kepedulian  dan keprihatinan pemerintah daerah memberikanbantuan berupa barang karena mendadak jadi diserahkan berupa sandangdan pangan untuk keperluan hidup beberapa hari kedepan,’’ ucapnya.

Dikatakan oleh Bupati, walapun dekat dengan rumah namun baru pagi tadimendengar adanya musibah kebakaran dan langsung mendatangi para korbankebakaran sekaligus menyerahkan bantuan.

Menurut bupati pula bahwa kita patut bersyukur atas musibah kebakaran initidak ada korban jiwa semua selamat dan erharap kepada keluarga yangmenjadi korban kebakaran agar bersabar atas musibah yang terjadi.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat Tapin di rumah apabila sudahtidur, dilihat dulu api di dapur kalau-kalau masih belum padam Pastikan dirumah sebelum tidur api didapur benar-benar padam,’’ himbau Bupati.

Selanjutnya juga listrik yang tidak bermanfaat agar di matikan yangberada di stop kontak dilepaskan, karena biasanya akibat banyaknyamenempel aliran listrik di stop kontak juga menimbulkan api danterjadinya kebakaran.

Berharap dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknyakepada para korban kebakaran, karena ini musibah kebakaran banyakbersabar.

Sementara itu Lurah Rantau Kanan Junaidi mengatakan, kebakaran terjadipada tengah malam sekitar pukul 02.00 wita menghanguskan 9 (sembilan)buah rumah yakni empat buah rumah kosong tidak berpenghuni dan 5 buahrumah yang di huni warga masyarakat setempat juga ada satu buah unitsepeda motor.

“Sebanyak 9 (sembilan) orang kepala keluarga yang terkena dibantu atasmusibah terjadinya kebakaran yaitu rumah Julak Indit, Udin Andut, HUdin, Hj Siti Aminah, Tarmiji, Jumriah, Ibur, Raya dan Ahmad Yani,” ungkapnya.

Menurut keterangan warga setempat, asal mula api berasal dari salahsatu buah rumah yang tidak di huni yaitu Undit. “Namun asal mula apitimbul belum diketahui secara pasti peyebab kebakaran terjadi, “ kataLurah Rantau Kanan ini.

Rata-rata rumah terbakar semuanya terbuat dari bahan kayu, jadi begitumudahnya api menghanguskan rumah, namun tidak ada korban jiwa atasmusibah kejadian kebakaran ini dan kerugian belum dapat di taksir. (ari/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua