Bupati Panen Raya di Pasar Jati Astambul

ditulis pada 17 Juli 2017

Bupati Khalilurrahman dan Wakil Bupati Saidi Mansyur saat panen raya di Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul.

Martapura, KP – Petani Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul patut bersyukur, ditengah masih derasnya hujan yang menyebabkan sebagian besar lahan sawah lebak di Kabupaten Banjar terendam air, tetap saja mereka bisa menggelar panen raya, pekan kemarin.

Panen raya kali ini dihadir Bupati KH Khalilurrahman, Wakil Bupati Saidi Mansyur, Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah, Wakil Ketua TP PKK Nur Gita Tiyas, Ketua DPRD HM Rusli, Dandim 1006/Martapura Letkol Andi Martopo.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, panen raya padi oleh Kelompok Tani Sinar Harapan II ini berkat kerja keras seluruh petani, juga dukungan dari aparat, mulai PPL, manteri tani, TNI, khususnya babinsa, Koramil serta pihak Kodim, baik dalam percepatan tanam, bantuan alsintan maupun percetakan sawah baru.

“Kami minta SOPD terkait terus menjalin koordinasi dan kerja sama yang apik dalam penanganan masalah ketersediaan pangan di Kabupaten Banjar,’’ pintanya.

Guru Khalil mengatakan, saat ini pemerintah berupaya terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha ekonomi.

Upaya peningkatan produksi padi yang dilaksanakan, baik melalui upaya tanam 2 kali setahun atau perluasan areal tanam, disamping untuk meningkatkan pendapatan para petani, adalah dalam rangka meningkatkan ketersediaan bahan pangan, khususnya beras.

“Mengingat beras dihasilkan Kabupaten Banjar juga untuk mensuplai kebutuhan beras daerah lain, seperti Banjarbaru, Banjarmasin, bahkan provinsi tetangga. Demikian pula produk hasil pertanian lain, seperti sayuran dan buah-buahan,’’ tandasnya.

Di akhir kegiatan, bupati bersama wakil bupati memberikan hadiah bagi petani yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Mereka perlu diberi penghargaan agar lebih semangat lagi bertani. (wan/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.