• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Bupati Pimpin Upacara HKN ke 52

BANTUAN - Sarana pendukung pelayanan kesehatan berupa Ambulance kepada 3 Puskesmas diserahkan Bupati HSS H Achmad Fikry, didampingi Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Siti Zainab.  (KP/Norda Simah)
BANTUAN – Sarana pendukung pelayanan kesehatan berupa Ambulance kepada 3 Puskesmas diserahkan Bupati HSS H Achmad Fikry, didampingi Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Siti Zainab. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Hari Kesehatan Nasional ke 52 dengan Tema “Indonesia Cinta Sehat.”  diperingati. Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP, dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati HSS H Ardiansyah SHut, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs H M Ideham MAP, serta diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS.

Dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM(K), Bupati HSS menyebutkan, Peringatan HKN ke 52 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, serta meningkatkan tekad dan semangat, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

“Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan Nasional kita,” ujar Bupati.

Ditambahkannya, dalam rangka mewujudkan visi pembangunan Nasional, serta sejalan dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke-52, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Pertama, Pembangunan kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, disamping unsur pendidikan dan ekonomi.

Untuk itu sebagai investasi, orientasi pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilitatif. Kedua, Kementerian Kesehatan mengapresiasi kepada beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi yang mengalokasikan 10%  dari anggaran pembangunan untuk sektor kesehatan. Ketiga, pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus dimulai dari keluarga, artinya dengan keluarga sehat dapat dengan mudah menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Keempat, diperlukan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lainnya, sebagai bentuk tanggung jawab bersama akan masa depan bangsa, khususnya kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa lain. Kelima, mengingatkan kembali pada Gerakan Revolusi Mental di jajaran kesehatan dengan 3 nilai utama yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong yang harus menjadi budaya kerja bangsa Indonesia.

Usai Upacara Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP menyerahkan berbagai penghargaan maupun bantuan, didampingi Wakil Bupati HSS H Ardiansyah SHut dan Sekretaris Daerah  Drs H M Ideham MAP. Di bidang Kesehatan, penghargaan diberikan kepada Tenaga Kesehatan Teladan, serta penyerahan bantuan sarana pendukung pelayanan kesehatan berupa Ambulance kepada 3 Puskesmas, dan hadiah kepada para pemenang Lomba yang digelar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional tingkat Kabupaten.

Penyerahan lainnya berupa bantuan di bidang Sosial, Penghargaan kepada Juara Napak Tilas Jejak Pahlawan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan untuk Kategori Pemuda/Pelajar, serta penghargaan di Bidang Perhubungan Abdiyasa diberikan kepada para Sopir Angkutan Umum Teladan. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua