• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Bupati Sambut Tim Penilai Wahana Tata Nugraha

CACATAN LAPANGAN – Diserahkan dari tim penilai Firdaus Rasyad, MM pada Bupati HSS Drs H Achmad Fikry,MAP serta pemberian cenderamata oleh bupati HSS pada  ketua Tim Penilai. (KP/Norda Simah)
CACATAN LAPANGAN – Diserahkan dari tim penilai Firdaus Rasyad, MM pada Bupati HSS Drs H Achmad Fikry,MAP serta pemberian cenderamata oleh bupati HSS pada ketua Tim Penilai. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP menyambut kedatangan Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016.  Kamis (1/9) di Aula Rakat Mufakat Setda HSS.

Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Dan selama  dua  tahun berturut-turut Kabupaten HSS telah berhasil mendapat plakat  WTN.

Selain bupati H Achmad Fikry,   Rombongan Tim penilai dari Kementerian Perhubungan RI yang diketuai oleh Drs Firdaus Rasyad,MM ini disambut juga oleh wakil Bupati H Ardiansyah,S.Hut, Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Forkopimda HSS, Sekda H M Ideham serta para kepala SKPD.

Dalam sambutannya  Ketua tim penilai penghargaan wahana Tata Nugraha (WTN)  Drs Firdaus Rasyad, MM mengatakan bahwa ia memberikan nilai 10 pada pemkab HSS atas kehadiran Bupati H Achmad Fikry lengkap dengan forkopinda serta pejabatnya saat tim pe ilai tiba di Kabupaten HSS.

“Kehadiran kepala daerah apalagi ditambah forkopimda HSS sangat mempengaruhi nilai. 10 untuk HSS dari segi  kehadiran,”  ungkap Firdaus Rasyad.

Masih menurut ketua tim Firdaus Rasyad,MM, penilaian wahana tata nugraha ini juga memerlukan komitmen yang kuat dari Bupati HSS, yang mana transportasi perkotaan dalam memberikan pelayanan serta keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat.

Menuerutnya, Ada 17 item yang dipotret selama dua hari berada di kabupaten HSS dalam penilaian, salah satunya, Angkutan umum, terminal jalan, marka jalan serta rambu lalu lintas.

“Jadi jika tidak ada angkutan yang baik di daerah, khususnya dalam peningkatan layanan angkutan. Maka kepala daerah yang bersalah,” ungkapnya.

Seperti dari pantauan kami Angkutan kota belum dilengkapai papan trayek dan arah tujuan. Kami sarankan kalau bisa pemerintah sediakan angkuatan kota bahkan  kalau bisa disubsidi dan gratis.

Sedangkan terminal bus kandangan menurut Firdaus Rasyad, sudah cukup baik tinggal dioptimalkan. Serta terminal kota kandangan baik sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan kembali.

Pada prisnsipnya jalan kabupaten sudah bagus. Kondisi permukaan jalan dan rumija, permukaan jalan dalam kondisi yang prima.  Sedangkan Fasilitas pejalan kaki atau  trotoar,di ruas jalan mawar, kenanga, melati sangat perlu trotoar kerena pemukiman penduduk, itu sangat disarankan punya trotoar.

Tim penilai juga sangat menyangsikan karena masih kurangnya warga HSS mEngenakan helm guna . ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.
Diungkapkan Firdaus Rasyad Rencana induk transportasi, serta koordinasi antar lembaga. Diperlukan komitmen dan politocal will dari kepala daerah dalam pembangunan transportasi di daerah masing masing. Targetnya bukan hanya piala, akan tetapi kota aman dan nyaman.

“Transportasi kota kandangan tinggal dipoles, insyallah kedepannya makin bagus,” tandas Firdaus Rasyad.

Sementara itu, Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP mengatakan, dari pemaparan ketua tim tentunya akan ditindaklanjuti. Bahkan ini Momennya pas, sekarang pas pembahasan apbd 2017, untuk menata kota kandangan.

Mengenai komitmen kepala daerah, Achmad Fikry mengatakan bahwa dirinya ber Komitmen tidak pernah surut untuk menjadikan kota kandangan yang transfortasinya aman dan nyaman.

Berkaitan marca dan trotoar jadi PR kita, satu sisi mengejar adipura terabaikan lintas jalan di trotoar. Memang susah melebarkan jalan karena di jl hss kecil. Berkaitan masrca dan lainnya akan ditindaklanjuti i dalam penganggaran 2017.

” kabupaten HSS sudah beberapa kali memperoleh plakat Wahana Tata Nugraha, semoga tahun ini meraih Trofi WTN,” harap Fikry.

Diakhir acara juga dilakuka Penyerahan cacatan lapangan dari tim penilai Firdaus Rasyad,MM pada bupati hss Drs H Achmad Fikry,MAP serta pemberian cenderamata oleh bupati HSS pada  ketua Tim Penilai. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua