• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Bupati Sampaikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Kasongan, KP – Sudah menjadi ketentuan Peraturan Perundngan-undangan, bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan diikuti dengan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah terpilih yang memuat tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah dalam lima tahun masa jabatan kepala daerah.

Demikian yang diungkapkan Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan acara Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Katingan 2018 – 2023, di aula Bappelitbang Kabupaten Katingan, belum lama ini.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut menurutnya, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) harus selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga berkelanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu dari satu generasi ke kegenerasi berikutnya.

Selanjutnya, dengan KLHS yang saat ini kita laksanakan, lanjutnya, akan memastikan bahwa pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar pembangunan dengan memperhatikan dampak pembangunan melalui penyusunan rekomendasi perbaikan berupa antisipasi, mitigasi, adaptasi dan/atau kompenssi program dan kegiatan.

“Untuk melaksanakan tujuan pembangunan bekelanjutan tersebut, kita harus memperhatikan tiga aspek, yang meliputi aspek ekonomi, aspek sosial dan budaya, dan aspek lingkungan hidup,” sebut orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini, seraya menjelaskan bahwa ketiga aspek tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menetapkan arah kebijakan pembangunan daerah. (Isn/K-8).

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua