• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Cegah Karhutla Alat Pemadam Portable Diujicobakan

DIKLAT – Diikuti sejumlah pegawai di Tanah Laut.  (KP/Ist)
DIKLAT – Diikuti sejumlah pegawai di Tanah Laut. (KP/Ist)

Barabai, KP – Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Dodit Heri Setiawan mengharapkan, agar semua bersikap peduli terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Mencegah dan menanggulangi karhutla bukan hanya urusan TNI dan Polri. Tapi urusan semua masyarakat Hulu Sungai Tengah (HST), karena dampaknya sangat luas,” kata Dandim pada saat kunjungan kerja Kapolda Kalsel Brigdjen Pol Erwin Triwanto ke Pos Karhutla di Taman Dwi Warna, Minggu (4/9)

Dijelaskan, partisipasi masyarakat yang diharapkan, seperti ikut menyosialisasikan larangan karhutla tidak ikut membakar lahan saat musim kemarau, melaporkan secepatnya jika menemukan kahutla, serta ikut mengawasi dan menjaga lingkungan masing-masing dari titik api.
Mengenai peralatan yang dibutuhkan, Dandim mengungkapkan, Bupati HST H Abdul Latif telah membeli 10 unit alat khusus pemadam portable di hutan.

“Itu untuk yang digendong dan yang dijinjing satu unit., Adapun kapasitas airnya 15 liter dengan jangkauan semprotan radius 50 sampai 70 meter dan sudah diujicoba pada hari ini.” jelas Dandim.

Pada kesempatan itu, Kapolres HST AKBP Syahril Saharda meminta para Kapolsek, agar dari sekarang mengecek kesiapan penaggulangan Karhutla di wilayah tugas masing-masing.

“Untuk saat ini HST aman dari titik api, tapi bukan berarti kita tidak siaga,” kata Kapolres. (adv/ary/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua