Cempaka dan Peramuan Terkumuh di Banjarbaru

ditulis pada 30 Desember 2015

Banjarbaru, KP – Kawasan Kelurahan Cempaka dan Peramuan di Kelurahan Landasan Ulin Timur menjadi fokus prioritas program nasional, program peningkatan kualitas kawasan pemukiman (P2KKP) 2016.

Berdasarkan hasil verifikasi kawasan pemukiman kumuh, ada tujuh titik lokasi yang dinyatakan masuk dalam kawasan kumuh di Banjarbaru, yakni Jalan Sejahtera Sukamaju, Liang Anggang Km 20, Gang Keluarga Jalan Bumi Selamat, Jalan Peramuan Landasan Ulin Timur, Kemuning, Cempaka dan Pumpung.

Sebelumnya total luas kawasan kumuh berdasarkan SK Nomor 81 Tahun 2012 ditetapkan dalam tujuh lokasi tersebut dengan luas 349,12 hektare (Ha).

Menurut Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Banjarbaru Akhmad Syahidan, berdasarkan update hasil verifikasi lapangan kawasan kumuh pada 2015 luasannya berkurang menjadi 218,62 Ha.

“Perkembangannya, pada tujuh lokasi kawasan kumuh tersebut, diantaranya ada yang justru bertambah luas kawasan kumuhnya seperti di Jalan Peramuan, sebelumnya pada 2012 seluas 18,29 Ha, kini menjadi 20,96 Ha. Tapi ada juga yang turun drastis seperti Liang Anggang Km 20 dan Jalan Sejahtera,’’ tandasnya.

Yang paling berat dan parah kondisi kumuhnya, lanjutnya, di Cempaka dan Peramuan.

Hasil verifikasi 2015 pada lokasi kumuh di Cempaka seluas 54,82 Ha yang terkonsentrasi di sepanjang bantaran Sungai Basung. Sementara di kawasan kumuh di Jalan Peramuan seluas 20,96 Ha berada di titik sekitar pasar setempat. (wan/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.