Cetak Sawah Baru Wujudkan Swasembada Padi

ditulis pada 15 Juli 2017

Sekdakab Ir Nasrunsyah bersama Dandim 1006/Martapura Letkol Andi Martopo melakukan groundbreaking cetak sawah baru 2017 di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk.

Martapura, KP – Sekdakab Ir Nasrunsyah bersama Dandim 1006/Martapura Letkol Andi Martopo melakukan groundbreaking cetak sawah baru 2017 di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk, kemarin.

Sektor pertanian berperan besar di Kalsel, khususnya Kabupaten Banjar, untuk itu kita harus berada dalam kondisi yang baik agar mampu mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Jadi sangat relevan bila bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Banjar,’’ kata Dandim 1006/Martapura Andi Martopo.

Menurutnya, ketahanan negara tidak bisa lepas dari ketahanan pangan sebagai penunjang kebutuhan dasar rakyat. Karenanya, TNI bersama pemerintah menjalin kerjasama mencetak sawah baru untuk merealisasikan ketahanan pangan.

“Suksesnya kegiatan perluasan cetak sawah baru memerlukan dukungan dan kerja keras semua pihak, baik pemerintah di daerah maupun kelompok tani dan stakeholder lainnya sesuai fungsi dan perannya masing-masing,’’ ujarnya.

Sekdakab Ir Nasrunsyah menambahkan, cetak sawah baru dilakukan sebagai upaya mewujudkan swasembada padi.

Pasalnya, belakangan banyak lahan padi di Kabupaten Banjar dialih fungsikan, sehingga berdampak pada penyusutan luas areal sawah.

“Lewat program ini diharap petani maupun pelaku usaha tani mampu menggarap lahan dengan baik dan sungguh sungguh demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani,’’ katanya. (wan/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.